Kompas.com - 07/07/2016, 11:01 WIB
Bek Prancis Raphael Varane (tengah) bersaing merebut bola dengan pemain Jerman Mario Gomez (kanan) pada laga persahabatan di Stadion Stade de France, Jumat (13/11/2015) waktu setempat. FRANCK FIFE/AFPBek Prancis Raphael Varane (tengah) bersaing merebut bola dengan pemain Jerman Mario Gomez (kanan) pada laga persahabatan di Stadion Stade de France, Jumat (13/11/2015) waktu setempat.
EditorJalu Wisnu Wirajati

MARSEILLE, KOMPAS.com - Tim nasional Perancis ingin memutus rekor buruk menghadapi Jerman pada laga resmi. Les Bleus, julukan Perancis, tak pernah menang sejak 1958 atas Jerman. 

Perancis akan berhadapan dengan Jerman pada semifinal Piala Eropa 2016 di Stade Velodrome, Kamis (7/7/2016) atau Jumat dini hari WIB. 

Dalam pertandingan resmi, Perancis tak pernah menang atas Jerman. Terbaru, mereka kalah 0-1 di perempat final Piala Dunia 2014. 

Kemenangan terakhir Les Bleus atas Der Panzer - julukan Jerman - terjadi pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1958.  

Sejak saat itu, Perancis hanya menang atas Jerman pada laga uji coba, termasuk saat menang 2-0 pada laga persahabatan di Stade de France, November 2015 lalu.  

“Kami memang tidak bisa mengubah sejarah. Namun, kami bisa membuat ‘halaman’ baru untuk ditulis,” kata Deschamps dalam jumpa pers jelang pertandingan seperti dilansir dari BBC

“Kami menghadapi tim terbaik di dunia. Namun, para pemain di tim ini punya keyakinan,” tutur pelatih berusia 47 tahun itu. 

Menghadapi tim terbaik di dunia, Deschamps tak mau menginstruksikan para pemainnya untuk bermain pasif dan mengandalkan serangan balik, 

“Kami harus mencetak gol. Jerman memang memegang kendali dan penguasaan bola, tetapi tim ini tak boleh berpikir hanya bertahan dan melakukan serangan balik,” kata Deschamps. 

“Dengan segala hormat kepada Jerman, kami punya kesempatan besar dan itu akan diraih atas usaha kami sendiri,” ucapnya lagi. 

Pemenang antara Perancis dan Jerman akan berhadapan dengan Portugal pada laga final, Minggu (10/7/2016). Portugal lolos ke final setelah menang 2-0 atas Wales, Rabu (6/7/2016), berkat gol Cristiano Ronaldo dan Nani. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.