Kompas.com - 17/06/2016, 17:50 WIB
Suporter Irlandia Utara memenuhi salah satu bagian tribune Stadion Allianz Riviera, pada Minggu (12/6/2016) waktu setempat, AFPSuporter Irlandia Utara memenuhi salah satu bagian tribune Stadion Allianz Riviera, pada Minggu (12/6/2016) waktu setempat,
|
EditorFerril Dennys

LYON, KOMPAS.com - Kabar duka menyeruak di tengah euforia kemenangan Irlandia Utara atas Ukraina dalam laga Piala Eropa 2016 Grup C, Kamis (16/6/2016). Seorang suporter tim, Robert Rainey, meninggal dunia karena serangan jantung.

Rainey meninggal saat menyaksikan tim kesayangannya menang 2-0 atas Ukraina dari tribune Stade de Lyon.

Seperti yang dilansir dari situs BBC, petugas medis sudah berusaha meresusitasi Rainey. Namun, pria berusia 62 tahun asal Belfast tersebut tidak tertolong. Dalam pernyataan resmi yang disampaikan melalui kepolisian, keluarga Rainey menyatakan bahwa pria asal Belfast tersebut meninggal saat melakukan hobinya, yaitu menyaksikan pertandingan sepak bola.

"Kepala keluarga kami, Robert Rainey, atau yang biasa dipanggil Archie, meninggal saat mendukung Irlandia Utara di Prancis. Dia pergi dikelilingi oleh teman-teman dan keluarga," 

"Kami merasakan duka mendalam atas kepergian Archie, serta berterima kasih untuk simpati dan doa yang berdatangan. Kami juga meminta ruang privasi dalam masa berkabung ini," demikian bunyi pernyataan keluarga Rainey.

Kepala Asosiasi Sepak Bola Irlandia Utara FA, Patrick Nelson, mengatakan bahwa kematian Rainey membuat kabar duka tersebut membuat euforia kemenangan atas Ukraina menjadi sedikit tersisihkan.

"Dalam situasi seperti ini, hasil sebuah pertandingan sepak bola harus dikesampingkan. Pemain, staf, dan anggota organisasi ikut berduka cita untuk keluarga dan kerabat yang ditinggalkan," kata Nelson.

Rainey adalah suporter Irlandia Utara yang meninggal dunia di Prancis. Darren Rodgers (24), seorang suporter Irlandia Utara lain, meninggal pada Senin (14/6/2016) setelah terjatuh dari pagar pembatas di Nice.

Insiden tersebut terjadi beberapa jam sebelum Irlandia Utara bertanding melawan Polandia. Sebagai wujud duka cita atas meninggalnya Rodgers, para pemain mengenakan ban hitam saat mengalahkan Ukraina. Ketika pertandingan memasuki menit ke-24, para suporter di stadion juga bertepuk tangan selama satu menit untuk penghormatan. (Lariza Oky Adisty)

Baca tentang


Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X