Era Baru Spanyol Setelah Kepergian Xavi dan Xabi

Kompas.com - 29/03/2016, 16:02 WIB
Era Baru Spanyol Setelah Kepergian Xavi dan Xabi ANDREI PUNGOVSCHI/AFPEra Baru Spanyol Setelah Kepergian Xavi dan Xabi
|
EditorAnju Christian

KOMPAS.com - Banyak wajah baru muncul di tim nasional Spanyol setelah Piala Dunia 2014. Pelatih Vicente del Bosque seolah dipaksa menyuntikkan darah muda lantaran beberapa faktor.

Di turnamen tersebut, tim berjulukan La Furia Roja bisa disebut gagal total. Sang juara bertahan hanya bertengger di posisi ketiga Grup B sehingga gagal melaju ke fase gugur.

Dua pemain senior yaitu Xavi Hernandez dan Xabi Alonso, memutuskan mundur selepas kegagalan di Brasil. Piala Dunia 2014 juga menjadi kali terakhir David Villa dan Fernando Torres masuk skuad. Maklum, Villa dan Torres sudah uzur.

Del Bosque pun memulai era baru. Dia memanggil Paco Alcacer dan Alvaro Morata. Dua nama terakhir masuk daftar 19 debutan tim nasional senior setelah Piala Dunia 2014.

Di antara para debutan, Alcacer dan Morata mendapatkan kepercayaan paling banyak. Total 21 penampilan dibukukan kedua pemain depan tersebut.

"Morata belum mendapatkan konsistensi. Namun, saya meyakini bahwa dia merepresentasikan masa depan tim nasional," tutur Del Bosque seperti dilansir AS, Maret 2015.

Sergi Roberto menjadi pemain terakhir yang melakoni debut. Dia diturunkan sebagai starter saat Spanyol ditahan 0-0 oleh Rumania pada partai uji coba di Cluj Arena, Minggu (27/3/2016).

Bukan tanpa alasan Sergi Roberto menerima panggilan. Dia mulai tampil reguler bersama Barcelona pada musim 2015-2016. Pemain berusia 24 tahun ini juga beroperasi di pos serupa dengan Xavi.

Dengan sejumlah darah muda, rataan umur skuad Spanyol pun menurun jadi 27,3 tahun. Bandingkan dengan rata-rata usia skuad Piala Dunia 2014 yang mencapai 28,4 tahun.

Meski begitu, hasilnya masih jauh dari kata memuaskan. Mereka gagal memenangi enam dari total 17 pertandingan setelah Piala Dunia 2014.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X