Uruguay Bukan Cuma Luis Suarez

Kompas.com - 22/03/2016, 16:37 WIB
Bomber Uruguay, Luis Suarez AFP PHOTO / DANIEL GARCIABomber Uruguay, Luis Suarez
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Luis Suarez akan kembal ke tim nasional Uruguay setelah absen panjang. Namun, dia menyatakan bahwa tim asuhan Oscar Tabarez tidak bergantung kepada dirinya.

Tabarez menyertakan nama Suarez untuk partai kontra Brasil pada Pra-Piala Dunia Zona Conmebol, Sabtu (26/3/2016). Ini menjadi kali pertama Suarez berseragam timnas setelah melewatkan 16 partai internasional.

Tanpa kehadiran Suarez, Uruguay tetap tampil baik. Mereka menembus perempat final Copa America 2015 dan menempati posisi kedua klasemen sementara Pra-Piala Dunia Zona Conmebol.

Atas dasar itu, Suarez menyatakan, "Ketika ada perkataan Uruguay tidak bisa melakukan apa-apa tanpa Suarez, tim terluka. Mereka justru menunjukkan kesatuan dan tidak bergantung pada satu pemain."

"Ini membuat saya lebih tenang dan tidak merasakan tekanan. Saya hanyalah butiran kecil di pesisir," tutur Suarez.

Menariknya, di Brasil pula, Suarez melakoni partai terakhirnya bersama Uruguay. Saat Uruguay melawan Italia pada fase grup Piala Dunia, 24 Juni 2014, dia menggigit Giorgio Chielini.

"Sepak bola memang seperti roda. Kita berputar, lalu kembali lagi. Kini, saya berkesempatan bermain lagi di Brasil. Ada ekspektasi tinggi, tetapi saya tidak merasakan tekanan," ucap Suarez.

Suarez sendiri menunjukkan produktivitasnya di level klub. Dia mencetak 43 gol dari 43 laga Barcelona pada musim 2015-2016.

Kompas TV Barcelona Dituding Palsukan Harga Pembelian Neymar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ESPN Asia
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X