Kompas.com - 21/03/2016, 07:30 WIB
Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, berhasil menorehkan rekor tak kebobolan di Serie A selama 973 menit. MARCO BERTORELLO/AFPPenjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, berhasil menorehkan rekor tak kebobolan di Serie A selama 973 menit.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati
TURIN, KOMPAS.com - Penjaga gawang andalan Juventus, Gianluigi Buffon, mengukir rekor tak kebobolan atau clean sheet di Serie A selama 973 menit. Buffon pun mendedikasikan prestasi pribadinya itu untuk Juventus.

Buffon meraih predikat tersebut ketika Juventus berhadapan dengan sang rival sekota, Torino, di Stadion Olimpico Turin, Minggu (20/3/2016). Pada laga itu, Juventus menang 4-1 atas Torino.

Rekor Buffon terhenti di angka 973 menit setelah penyerang Torino, Andrea Belotti, berhasil membobol gawang Juventus pada menit ke-48, melalui eksekusi penalti.


Meskipun demikian, Buffon telah melewati pemegang rekor clean sheet sebelumnya, Sebastiano Rossi (eks kiper AC Milan), yang tidak kebobolan selama 929 menit.

Sebelum laga kontra Torino berlangsung, Buffon mengaku nyaris absen karena mengalami demam ringan. Namun pada akhirnya, Buffon tetap tampil dan mencatatkan rekor baru.

"Rekor telah terpecahkan, tetapi saya sepenuhnya fokus pada pertandingan dan memastikan kami bisa bangkit setelah pukulan berat di Muenchen," kata Buffon seperti dikutip dari Mediaset Premium merujuk kekalahan 2-4 dari Bayern Muenchen di Liga Champions. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pria berusia 38 tahun itu pun mempersembahkan rekor clean sheet-nya untuk Juventus, klub yang telah diperkuatnya sejak Juli 2001.

Baca Juga:

Ronaldo Harus Diberikan Kebebasan dalam Bermain

Iniesta Absen Kontra Villarreal

"Saya bahagia bisa bermain untuk tim ini, dan rekor ini saya persembahkan untuk Juventus, bukan untuk saya pribadi," tutur mantan kiper AC Parma itu.

"Saya beruntung bisa mencapai rekor karena rekan-rekan saya menghentikan upaya lawan. Mereka turut melindungi gawang saya," ucapnya.

Selama hampir 15 tahun mengawal gawang Juventus, Buffon telah menyumbangkan enam gelar Scudetto, dua titel Coppa Italia, dan enam Piala Supercoppa Italiana.

Kendati sudah berada di pengujung kariernya, Buffon masih dipercaya menjadi kiper utama. Musim ini, Buffon sudah tampil sebanyak 38 pertandingan di seluruh kompetisi, dengan 21 di antaranya tidak kebobolan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.