Kompas.com - 20/03/2016, 07:03 WIB
Pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, tampak tertunduk saat tampil pada laga La Liga kontra Atletico Madrid, di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (27/2/2016). PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFPPemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, tampak tertunduk saat tampil pada laga La Liga kontra Atletico Madrid, di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (27/2/2016).
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MADRID, KOMPAS.com - Pelatih asal Italia, Carlo Ancelotti, menganggap Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pemain depan terbaik dunia. Namun, Ancelotti menilai predikat itu baru berlaku jika Ronaldo diberikan kebebasan dalam bermain.

Belakangan ini, Ronaldo kerap mendapatkan kritik dari berbagai pihak soal penampilannya. Tak sedikit orang yang menilai bahwa Ronaldo telah mengalami penurunan kualitas.

Pada musim ini, Ronaldo mencetak 40 gol dari 37 laga di seluruh kompetisi. Jika dibandingkan dengan torehan Ronaldo pada musim sebelumnya, angka tersebut memang menurun.

Selain itu, dalam perebutan gelar FIFA Ballon d'Or 2015, Ronaldo juga kalah bersaing dengan pemain Barcelona, Lionel Messi. Ronaldo pun dianggap sudah kehilangan sentuhan terbaiknya.

Kendati demikian, Ancelotti mempunyai pandangan tersendiri soal Ronaldo. Pandangan itu didasari oleh pengalaman Ancelotti melatih Ronaldo di Real Madrid pada 2013-2015.

Ancelotti berpendapat, Ronaldo harus diberikan kebebasan dalam bermain agar dapat menampilkan performa terbaiknya.

"Posisi terbaik Ronaldo bukanlah penyerang tengah. Dia lebih suka mencari ruang dan membangun serangan," ujar Ancelotti dalam kolomnya di Sina Sport, Sabtu (19/3/2016).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di bawah asuhan saya, dengan formasi 4-3-3, Ronaldo bermain di sayap kiri. Namun, kita sering melihatnya berada di kedua sisi sayap. Dia harus memiliki kebebasan total," kata Ancelotti, yang sudah dipastikan menjadi pelatih Bayern Muenchen mulai musim depan.

MARCO BERTORELLO/AFP Cristiano Ronaldo saat masih dilatih oleh Carlo Ancelotti.

Menurut Ancelotti, dengan adanya kebebasan, pergerakan Ronaldo akan semakin sulit diprediksi oleh lawan-lawannya.

"Dia adalah salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Saya tak pernah melatih pemain yang lebih baik dari Ronaldo," tutur Ancelotti.

Saat Ancelotti masih menangani Real Madrid, Ronaldo dkk berhasil merengkuh satu gelar Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Dunia Antarklub.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Sina Sport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.