Kompas.com - 26/01/2016, 21:12 WIB
Bola rebound hasil bendungan kiper FC Porto, Iker Casillas (tengah), saat menahan tendangan striker Chelsea, Diego Costa (kanan), membentur dada bek Porto, Ivan Marcano (kiri), yang berujung gol bunuh diri, pada matchday terakhir Grup G Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (9/12/2015). GLYN KIRK/AFPBola rebound hasil bendungan kiper FC Porto, Iker Casillas (tengah), saat menahan tendangan striker Chelsea, Diego Costa (kanan), membentur dada bek Porto, Ivan Marcano (kiri), yang berujung gol bunuh diri, pada matchday terakhir Grup G Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (9/12/2015).
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, menegaskan bahwa tidak ada jaminan bagi Iker Casillas untuk mendapatkan satu tempat dalam skuad El Matador pada Euro 2016. Menurutnya, semua pemain harus membuktikan kualitas mereka selama sisa waktu hingga bulan Mei.

Casillas pindah ke FC Porto pada musim panas lalu, setelah 25 tahun berseragam Real Madrid. Alih-alih meningkatkan performanya yang menurun drastis sehingga kehilangan tempat di Madrid, Casillas justru melakukan sejumlah kesalahan, sehingga mendapat banyak kritikan dari fans dan media dalam beberapa pekan terakhir.

Meskipun Casillas mulai kehilangan posisi sebagai kiper utama pada musim lalu, Del Bosque masih menaruh kepercayaan kepada sang skipper. Tetapi untuk kali ini, Del Bosque menegaskan bahwa tidak ada jaminan bagi kiper berusia 34 tahun tersebut masuk skuad untuk Euro yang digelar di Perancis pada Juni dan Juli nanti.

"Tak ada pemain yang mendapat jaminan mendapatkan satu tempat di sini," ujar Del Bosque dalam wawancara eksklusif dengan Goal. "Kami sudah memiliki pandangan tentang pemain, tetapi belum ada daftar yang definitif sampai 17 Mei, ketika daftar sudah ada di tangan."

"Apakah Casillas akan ada atau tidak? Saya berharap demikian. Tetapi masih ada waktu beberapa bulan dan kami akan mengambil tindakan setelah melihat fit. Tetapi jika dia masuk, itu karena gengsi, kariernya, apa arti dirinya bagi tim nasional dan karena dia bermain untuk klub besar."

"Dia tidak berhenti bermain dan dia tetap beraksi. Dia bermain. Dan saya berbicara tentang Casillas karena anda bertanya tentang dia, tetapi bukan akrena dia berbeda dari pemain lain."

Del Bosque juga mengakui pemain lainnya yang merupakan mantan penggawa Madrid, striker Alvaro Morata, tengah mengalami kesulitan. Morata minim jam bermain bersama Juventus pada musim 2015-2016.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dia bermain, berpartisipasi dalam hampir setiap pertandingan Juventus, meskipun tidak banyak menit," ujar mantan pelatih Madrid ini. "Tidak sebanyak tahun lalu. Apakah itu berdampak kepadanya? Ya, tentu saja."



Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.