Kompas.com - 18/12/2015, 16:59 WIB
Jose Mourinho bersama Diego Costa saat Chelsea melawan FC Porto, 9 Desember 2015. BEN STANSALL / AFPJose Mourinho bersama Diego Costa saat Chelsea melawan FC Porto, 9 Desember 2015.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

LONDON, KOMPAS.com - Direktur Teknik Chelsea, Michael Emenalo, tak memungkiri ada perselisihan antara Jose Mourinho dengan pemain. Ini menjadi salah satu alasan manajemen memecat Mourinho, Kamis (17/12/2015).

Mourinho memang kerap mengambil keputusan janggal pada musim 2015-2016. Pemain bintang seperti John Terry, Eden Hazard, dan Diego Costa pernah dicadangkan pada partai penting.

Terakhir, Mourinho mengeluhkan sikap para pemain setelah kekalahan 1-2 dari Leicester City, Senin (14/12/2015). Dia mengaku telah dikhianati oleh pasukannya.

"Tampak jelas ada perselisihan antara manajer dan pemain. Kami merasa ini waktunya untuk bertindak," kata Emenalo.

"Pemilik terpaksa mengambil keputusan yang sangat berat untuk kebaikan klub. Ada sentimen besar karena sosok ini telah memberikan banyak untuk klub. Namun, fakta menunjukkan bahwa Chelsea dalam masalah," tuturnya.


Keputusan ini diambil setelah Dewan Direksi melakukan pertemuan darurat, Rabu (17/12/2015). Bagi manajemen, pemecatan bukanlah keputusan mudah karena Mourinho baru saja menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun pada Agustus 2015.

"Kontrak baru jelas menandakan bahwa keputusan hari ini tidak direncanakan," ujarnya.

Rentetan hasil negatif juga melatari pemecatan Mourinho. Chelsea kini tertahan di posisi ke-16 klasemen dengan koleksi 15 poin dari 16 pertandingan Premier League.

Catatan sembilan kekalahan Chelsea dalam 16 partai liga juga serupa dengan musim 1978-1979. Ketika itu, The Blues mengakhiri musim di zona degradasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ESPN Asia
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.