Kompas.com - 16/05/2015, 14:50 WIB
EditorTjatur Wiharyo

MANCHESTER, KOMPAS.com - Dalam empat musim terakhir, Arsenal tiga kali masuk fase grup Liga Champions melalui babak kualifikasi, karena mengakhiri Premier League, di peringkat keempat. Musim ini, The Gunners berpeluang memperbaiki rekor itu. Mereka hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan diri finis di zona tiga besar.

Saat ini, Arsenal duduk di peringkat ketiga dengan nilai 70 dari 35 laga. Arsenal kalah tiga angka dari Manchester City di tempat kedua dan unggul dua angka dari Manchester United, di tempat keempat. City dan MU sama-sama menyisakan dua pertandingan lagi.

Manajer Arsenal Arsene Wenger mengerti, timnya berpeluang menggusur City. Namun, menurut Wenger, sebelum berpikir soal menjadi runner-up, Arsenal perlu lebih mengamankan tiket lolos langsung ke fase grup Liga Champions, yang mungkin diraih saat melakoni laga ke-36 melawan MU, di Old Trafford, Minggu (17/5/2015).

Jika menang, Arsenal akan bebas dari dua masalah, yaitu babak play-off Liga Champions dan keterbatasan waktu membangun skuad, mengingat kompetisi domestik 2015-2016 akan dimulai lebih awal dari biasanya, yaitu pada awal Agustus.

Sebagai catatan, Arsenal melakoni play-off Liga Champions musim ini, melawan Besiktas, pada 19 Agustus 2014 atau tiga hari setelah tampil pada laga perdana Premier League melawan Crystal Palace. Arsenal masuk fase grup dengan keunggulan agregat 1-0 (0-0, 1-0) atas Besiktas.

"Saat ini, kami fokus untuk finis di posisi sebaik mungkin dan mengakhiri musim dengan baik. Setelah itu, kami akan menghadapi konsekuensinya. Kami tahu kami ada di zona empat besar. Kami tahu kami bisa lebih baik dari ini, jadi mari berusaha meraihnya," ujar Wenger.

Pada akhirnya, tim yang mengakhiri (Premier League) di peringkat kelima ingin mendapatkan tekanan itu (tampil di play-off Liga Champions), jadi kami tak boleh mengeluh. Kami harus menghadapi hal itu dalam beberapa tahun terakhir dan akan lebih baik jika kami bisa langsung masuk (fase grup Liga Champions)," tambah Wenger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ESPN US
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.