Kompas.com - 23/01/2015, 21:59 WIB
Logo FIFA. Dok. GoogleLogo FIFA.
EditorAloysius Gonsaga AE
LONDON, Kompas.com - Tiga sponsor utama badan sepak bola FIFA telah mengakhiri kerja sama mereka dengan organisasi itu. Demikian dilaporkan surat kabar Inggris The Daily Telegraph, Jumat (23/1/2015).

Surat kabar itu mengatakan bahwa perusahaan minyak Castrol, produsen ban Continentel, dan perusahaan perawatan kesehatan Johnson and Johnson, memilih untuk tidak memperbarui kontrak mereka dengan FIFA, setelah kerja sama mereka berakhir.

Hal ini menyusul berita pada November yang menyebutkan bahwa Sony dan Emirates telah mengakhiri hubungan mereka dengan FIFA, yang telah mengikat kerja sama dengan perusahaan minyak dan gas Rusia Gazprom sebagai mitra komersial menjelang Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dikutip oleh Telegraph, juru bicara Castrol mengatakan: "Kami tidak mensponsori FIFA sejak, saya yakin, Piala Dunia tahun lalu."

Johnson and Johnson menyatakan: "Ini merupakan keputusan yang dibuat untuk alasan-alasan bisnis setelah peninjauan menyeluruh."

Continental mengatakan kepada surat kabar itu: "Ini merupakan landasan hebat bagi kami dan sekarang kami menggunakan sepak bola di level yang lebih regional."

Politisi Inggris, Damian Collins, yang memimpin kampanye untuk mendesak dilakukannya reformasi terhadap FIFA, mengatakan pengunduran diri para sponsor membuktikan bahwa organisasi itu telah menjadi "merek racun."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

FIFA dan presidennya Sepp Blatter telah dihantam berbagai skandal terkait tudingan korupsi seputar proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 pada 2010.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.