Inggris Ukir Sejarah Piala Dunia jika Lolos

Kompas.com - 20/06/2014, 22:29 WIB
Skuad Inggris berpose sebelum melawan Uruguay pada matchday 2 penyisihan Grup D Piala Dunia 2014, Kamis (19/6/2014). (Belang, dari kiri ke kanan): Daniel Sturridge, Daniel Welbeck, Phil Jagielka, Joe Hart, Jordan Henderson, Gary Cahill, (Depan dari kiri): Glen Johnson, Steven Gerrard, Wayne Rooney, Leighton Baines Raheem Sterling. AFP/BEN STANSALLSkuad Inggris berpose sebelum melawan Uruguay pada matchday 2 penyisihan Grup D Piala Dunia 2014, Kamis (19/6/2014). (Belang, dari kiri ke kanan): Daniel Sturridge, Daniel Welbeck, Phil Jagielka, Joe Hart, Jordan Henderson, Gary Cahill, (Depan dari kiri): Glen Johnson, Steven Gerrard, Wayne Rooney, Leighton Baines Raheem Sterling.
EditorAloysius Gonsaga AE
RIO DE JANEIRO, Kompas.com — Inggris akan membuat sejarah di Piala Dunia jika mereka berhasil lolos dari fase penyisihan grup setelah menelan dua kekalahan. Pasalnya, belum pernah ada negara yang membuat kejutan tersebut.

Model penyisihan yang dihuni empat tim dalam satu grup mulai diperkenalkan pada Piala Dunia Swedia 1958 sehingga setiap tim akan melakoni tiga pertandingan. Sejak itu, belum ada tim yang lolos ke babak knock-out setelah menelan kekalahan di dua pertandingan pertama.

Pada Piala Dunia 1982, Italia membuat kejutan yang sangat besar karena maju ke putaran berikutnya tanpa pernah meraih kemenangan. Dari tiga pertandingan yang dilakoni, Azzurri hanya bermain imbang melawan Polandia, Peru, dan Kamerun. Meski demikian, Italia lolos ke babak selanjutnya karena mencetak satu gol lebih banyak dari Kamerun, yang juga bermain imbang pada semua pertandingannya.

Namun, pada babak berikutnya, Italia melakukan peningkatan yang luar biasa. Mereka terus melaju hingga ke final dan menaklukkan Jerman Barat untuk menjadi juara.

Inggris juga berpeluang lolos pada Piala Dunia 1958 setelah gagal meraih kemenangan selama penyisihan grup, menyusul hasil imbang melawan Uni Soviet, Brasil, dan Austria. Akan tetapi, mereka akhirnya tersingkir karena kalah 0-1 dari Uni Soviet dalam play-off.

Pada Piala Dunia 2014, Inggris berada di ujung tanduk karena mengalami kekalahan 1-2 dari Italia di laga perdana penyisihan Grup D, kemudian ditaklukkan Uruguay dengan skor serupa. Nasib Tiga Singa akan ditentukan oleh hasil pertandingan Italia versus Kosta Rika pada Jumat (20/6/2014) di Recife.

Jika Italia mengalahkan Kosta Rika dan Uruguay, kemudian Inggris menang atas Kosta Rika pada laga pamungkas, maka mereka punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Selisih poin yang akan menentukan.

Kosta Rika dan Italia mengoleksi tiga poin setelah meraih kemenangan pada laga pertama. Uruguay juga telah mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan yang sudah dimainkan, sedangkan Inggris belum memperoleh poin.

Baca tentang


Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X