Kompas.com - 27/05/2014, 06:40 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
SAO PAULO, KOMPAS.com — Mantan penyerang tim nasional Brasil yang sukses membawa negaranya menjadi juara dunia, Romario, melontarkan serangan terhadap organisasi Piala Dunia Brasil, Senin (26/5/2014). Dia menuduh mantan rekan setimnya, Ronaldo, tidak konsisten.

Romario mengatakan, komentar yang dikeluarkan Ronaldo, yang kini bekerja pada panitia turnamen empat tahunan tersebut, memperlihatkan bahwa dia seorang yang hanya mencari keuntungan. Pasalnya, dalam wawancara dengan Reuters pada pekan lalu, Ronaldo mengatakan bahwa dirinya malu dengan kekurangan yang diperlihatkan Brasil.

"Semua orang tahu apa yang saya perjuangkan," ujar wakil federal ini secara gamblang, seperti dikutip oleh UOL, sebuah situs berita terkemuka di Brasil. "Saya tidak plinplan tergantung kepada bagaimana jalannya permainan."

Namun, Romario mengatakan bahwa masalah organisasi, termasuk pembangunan stadion yang molor dan kegagalan proyek transportasi yang sangat dibutuhkan, membuat dia ikut sedih. Karenanya, Brasil harus bisa menutupi kegagalan di luar lapangan itu dengan permainan yang bagus.

"Kami sudah kalah di luar lapangan," tuturnya. "Sekarang, kami berharap dan berdoa bisa melakukannya dengan baik dalam turnamen."

Piala Dunia 2014 mulai bergulir pada 12 Juni mendatang. Brasil tengah mengincar gelar keenam turnamen paling bergengsi antarnegara di dunia itu, dan jika iya, maka akan menjadi yang pertama untuk yang dilangsungkan di negaranya.

Ronaldo merupakan pemain yang ikut membawa Brasil meraih gelar terakhir mereka pada 2002, dan dia termasuk salah satu orang yang sangat mendukung Brasil menjadi tuan rumah, demikian halnya dengan Presiden Dilma Rouseff.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.