Kompas.com - 02/05/2014, 21:51 WIB
EditorTjatur Wiharyo
MUENCHEN, KOMPAS.com - Mantan gelandang Bayern Muenchen Mehmet Scholl mengatakan, pelatih tim nasional Belanda, Louis van Gaal, adalah pelatih yang tegas dan keras. Menurutnya, pemain-pemain top akan kesulitan beradaptasi dengannya.

"Ia sangat tegas dan keras. Para pemain hanya punya dua pilihan, yaitu mengikutinya atau pergi dan (Van Gaal) akan beralih kepada pemain berikutnya. Ia sangat bagus dalam bekerja sama dengan pemain muda. Menurut saya, di mana pun ia berada, ia memiliki masalah dengan pemain top dan staf," ujar Scholl.

"(Dalam sebuah tim) ada 26, 27 pemain, dan ia mencari 14 orang untuk mengikutinya. Ia bagus dalam memotivasi pemain, tetapi itu bukan karakter terkuatnya."

"Yang penting baginya adalah bekerja di lapangan. Itu brilian. Dan, itulah cara pemain belajar. Anda tahu dengan sendirinya bahwa jika Anda belajar dari seseorang yang membuat Anda ingin belajar, Anda ingin belajar lebih banyak."

"Saya bisa mengatakan kepada Anda bahwa beberapa pemain seperti (penyerang Manchester United) Wayne Rooney, menurut saya, ia perlu belajar lagi. Jadi, akan sulit bagi (Rooney) jika pelatih mengatakan, 'Anda harus melakukannya dengan cara yang betul-betul berbeda. Apa pun yang Anda lakukan sampai sekarang, ubahlah itu.'"

"Hal yang Van Gaal ajarkan sama dengan yang Robin Van Persie pelajari dari awal. Jadi, menurut saya, tak akan ada banyak masalah besar (bagi Van Persie). Jelas, (Van Persie) adalah pemain besar, tetapi ia berasal dari Belanda. Itulah kuncinya dan yang menjadi perbedaan berkaitan dengan Rooney."

"Bagi pemain-pemain besar, tak mudah bekerja dengan (Van Gaal). Namun, bagi pemain-pemain muda, (Van Gaal) brilian. Ia brilian di lapangan dan ia ingin semua pemain selalu belajar, termasuk pemain senior," tutur Scholl.

Scholl dan Van Gaal pernah bekerja sama di Bayern Muenchen pada 2009-2011. Saat itu, Scholl bekerja sebagai pelatih tim cadangan, sementara Van Gaal pelatih tim utama.

Setelah meninggalkan Bayern, Van Gaal melatih tim nasional Belanda dengan kontrak berdurasi dua tahun, atau hingga Juli 2014. Menurut Van Gaal, ia ingin melatih klub setelah Piala Dunia 2014 Brasil.

Media-media Inggris pun memperkirakan Van Gaal akan menjadi pelatih MU. MU saat ini ditangani caretaker Ryan Giggs. MU menjadikan Giggs caretaker setelah memecat Moyes pada 22 April 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky Sports


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.