Kompas.com - 07/12/2013, 01:05 WIB
Acara undian grup Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Costa do Sauipe, Bahia, Jumat (6/12/2013). AFP PHOTO / NELSON ALMEIDA Acara undian grup Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Costa do Sauipe, Bahia, Jumat (6/12/2013).
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Undian grup untuk putaran final Piala Dunia 2014 yang dilakukan di Costa Do Sauipe Bahia State Brazil, Jumat (6/12/2013), menghasilkan ulangan final Piala Dunia 2010. Spanyol yang merupakan juara bertahan, satu grup dengan Belanda.

Spanyol, yang menjadi unggulan, berada di Grup B. La Furia Roja tak bisa menghindar dari kenyataan bahwa mereka masuk ke dalam grup neraka lantaran bukan cuma Belanda yang siap "meneror", tetapi tim Amerika Latin, Chile, serta wakil Asia, Australia, siap menjadi batu sandungan.

Para pecinta sepak bola dunia pasti masih ingat bagaimana pertarungan sengit antara Spanyol dan Belanda pada final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Gaya tiki-taka El Matador tak leluasa menghadapi total football ala De Oranje, karena penguasaan bola kedua tim nyaris sama - padahal melawan negara lain, Spanyol sangat dominan dalam ball possession.

Beruntung bagi Spanyol karena memiliki pemain sekelas Anders Iniesta. Gelandang klub Barcelona ini menjadi penentu kesuksesan Spanyol untuk pertama kalinya menyabet gelar Piala Dunia lewat golnya menjelang laga usai sehingga La Furia Roja menang 1-0, sekaligus menunda mimpi Belanda meraih gelar pertamanya meski sudah tiga kali maju ke final.

Chile pun tak bisa dipandang sebelah mata karena Spanyol cukup kesulitan ketika mereka bertemu di fase grup Piala Dunia 2010. Waktu itu Spanyol memang akhirnya jadi pemenang, tetapi gol itu terjadi karena kesalahan penjaga gawang yang meninggalkan "sarang"nya sehingga David Villa bisa melepaskan tendangan dari tengah lapangan, dan kemudian Chile harus bermain dengan 10 orang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.