Gol Balotelli dan Boateng Loloskan Milan ke Liga Champions

Kompas.com - 29/08/2013, 03:49 WIB
Bek AC Milan asal Ghana, Kevin Prince Boateng (kiri) melepaskan tendangan yang berbuah gol ke gawang PSV Eindhoven pada leg kedua play-off Liga Champions, Kamis (29/8//2013) dini hari WIB. Milan menang 3-0. AFP/GIUSEPPE CACACEBek AC Milan asal Ghana, Kevin Prince Boateng (kiri) melepaskan tendangan yang berbuah gol ke gawang PSV Eindhoven pada leg kedua play-off Liga Champions, Kamis (29/8//2013) dini hari WIB. Milan menang 3-0.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MILAN, KOMPAS.com — AC Milan akhirnya lolos ke babak fase grup Liga Champions setelah mengalahkan sang lawan, PSV Eindhoven, dengan skor 3-0 dalam leg kedua play-off, Kamis (29/8/2013) dini hari WIB. Kevin-Prince Boateng mencetak dua gol pada menit ke-8 dan 77. Mario Balotelli melengkapi kemenangan Rossoneri lewat satu gol pada menit ke-52.

Pada awal pertandingan, Milan langsung tampil menekan pertahanan tim tamu. El Shaarawy dkk seperti ingin membuktikan janji pelatih Massimilliano Allegri untuk tampil menyerang. Hasilnya, pertandingan baru berjalan 8 menit, Kevin-Prince Boateng sudah menggetarkan jala gawang Jeroen Zoet lewat tendangannya dari luar kotak penalti tanpa bisa dihalau barisan pertahanan PSV. 

Berdasarkan data dari situs OptaSports.com, ini merupakan kali ketiga dalam sepekan terakhir Milan mencetak gol pada 15 menit pertama pertandingan. Pada leg pertama kontra PSV di Philips Stadion serta pertandingan Serie-A kontra Verona, gol-gol Rossoneri juga dicetak pada 15 menit pertama.  

Unggul satu gol, Milan tak mengendurkan tekanan. Stephan El Shaarawy ganti mencoba peruntungan pada menit ke-12, tetapi sepakannya hanya melambung di atas mistar gawang PSV. Pada menit ke-18, Adam Maher mencoba menyamakan kedudukan, tetapi peluang yang dimilikinya masih mampu dibendung Christian Abbiati. 

Milan memiliki kesempatan menambah skor lewat sepakan Riccardo Montolivo. Sayangnya, tembakan Montolivo dari area kotak penalti PSV masih melebar ke sisi gawang Zoet. El Shaarawy kembali membahayakan lawan, tetapi kembali upayanya hanya menemui mistar gawang. 

Jelang akhir babak pertama, ketegangan sempat terjadi saat kapten Riccardo Montolivo terlibat adu mulut dengan Stijn Schaars. Pasalnya Schaars menjegal dan menjatuhkan Montolivo. Montolivo segera bereaksi dengan mendorong Schaars dan memarahinya. Namun, perselisihan tak berlanjut dan wasit Mark Clattenburg mengganjar kedua pemain dengan kartu kuning.

Milan terus menekan pertahanan PSV. Namun, hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 1-0. 

Pada babak kedua, Geogino Wijnaldum sudah mengejutkan Milan lewat sepakannya di kotak penalti. Beruntung Abbiatti masih mampu mengamankan jala gawangnya dari kebobolan. El Shaarawy ganti menusuk pertahanan PSV lewat solo run-nya ke gawang Zoet pada menit ke-52. Sial baginya, tembakan mendatarnya lagi-lagi melebar meski ia sudah tak lagi terkawal para bek PSV. 

Gol kedua Milan lahir semenit kemudian oleh Balotelli. Berawal dari tendangan sudut untuk Milan, Balotelli meneruskan bola dari Philippe Mexes lewat tendangan voli menuju sudut gawang PSV tanpa terhalau Zoet. 

Unggul dua gol, Milan sedikit menurunkan tekanan dan mencoba lebih bertahan. Sayangnya, hal ini tak bisa dimanfaatkan PSV secara maksimal. Schaars mendapatkan peluang lewat tembakan jarak jauhnya. Namun, bola lagi-lagi melebar dari gawang Abbiati. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X