Kompas.com - 27/08/2013, 21:34 WIB
CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorHery Prasetyo
JAKARTA, KOMPAS.com — CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono berharap agar suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung dapat menjaga ketertiban saat menyaksikan laga lanjutan Liga Super Indonesia (ISL) di antara kedua tim tersebut di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (28/8/2013).

Pertandingan Persija dan Persib merupakan partai tunda setelah kedua tim tersebut terlibat insiden pelemparan bus yang ditumpangi skuad "Maung Bandung" pada Juni lalu. PT Liga, selaku operator ISL, pun memutuskan untuk menggelar laga tersebut di Sleman dengan status tanpa dihadiri suporter Persib mengacu kepada izin yang dikeluarkan pihak kepolisian setempat.

Meski begitu, ribuan "bobotoh", sebutan suporter Persib, dikabarkan tetap berangkat ke Sleman untuk mendukung tim kesayangannya bermain. Joko berharap kedatangan para "bobotoh" tersebut bisa dianggap sebuah hal yang positif agar tidak terjadi potensi kericuhan.

"Mudah-mudahan semuanya taat terhadap pengelola dan pelaksana pertandingan Persija yang juga akan dibantu teman-teman di Sleman. Bagi kami, prinsipnya pertandingan Persija dan Persib dari level pimpinan di masing-masing klub ingin menyukseskannya," ujar Joko di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (27/8/2013).

Joko kembali menegaskan, PT Liga tidak dapat melarang suporter Persib untuk hadir mendukung Sergio van Dijk dan kawan-kawan bertanding. Ia hanya memastikan, jika dalam pertandingan tersebut kedua suporter ricuh, PSSI tentunya akan melaksanakan hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kami tidak bisa menghambat orang dengan segala cara agar mereka tidak melanggar peraturan. Namun, apabila itu tetap dilanggar, tentu kami harus lokalisir. Kasusnya apakah itu domain kami di PSSI atau pihak keamanan. Kami tidak bisa menggunakan upaya ekstrem sehingga orang tidak boleh bermigrasi ke mana-mana," kata Joko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X