Kompas.com - 07/08/2013, 18:58 WIB
Striker baru Paris Saint-Germain, Edinson Cavani. AFP/JACQUES DEMARTHONStriker baru Paris Saint-Germain, Edinson Cavani.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
PARIS, Kompas.com - Musim baru Ligue 1 akan segera bergulir. Kick-off kasta tertinggi sepak bola Perancis ini akan berlangsung pada Jumat (9/8/2013) mendatang.

Menarik untuk menyaksikan bagaimana kiprah dua klub yang telah menarik perhatian media selama musim panas ini, yakni AS Monaco dan sang juara bertahan, Paris Saint-Germain. Pasalnya, mereka telah menjelma menjadi raksasa Eropa, menyusul gelontoran dana fantastis untuk memperkuat skuadnya.

Memang harus diakui, Ligue 1 hampir "tak bergema" karena tertutup oleh kebesaran Premier League, La Liga, Serie-A dan Bundesliga. Tetapi kini, mereka berhasil mengalihkan perhatian publik setelah sukses mendatangkan sejumlah pemain bintang.

Lihat saja apa yang dilakukan PSG pada awal musim lalu. Mereka menggaet striker Swedia Zlatan Ibrahimovic, yang kemudian menjadi top scorer Ligue 1, serta menjadi sosok penting dalam usaha mereka merebut gelar Ligue 1. Pada musim ini, PSG kembali mendatangkan pemain top Edinson Cavani, dengan harga lebih dari Rp 800 miliar.

Monaco pun menambah seru persaingan di Ligue 1. Setelah memastikan diri promosi, klub kaya ini melakukan sejumlah pembelian dan telah menghabiskan dana 127 juta poundsterling atau setara sekitar Rp 1,65 triliun selama musim panas ini, untuk membangun kekuatan yang bisa menyaingi PSG.

Meskipun demikian, PSG masih menjadi favorit utama untuk kembali merajai Perancis. Meskipun telah kehilangan sang pelatih, Carlo Ancelotti, yang memutuskan pindah ke Real Madrid, serta mundurnya direktur olahraga Leonardo setelah diskors 14 bulan karena mendorong wasit, PSG berhasil menggaet mantan pelatih Bordeaux, Laurent Blanc.

"Laurent Blanc adalah pilihan terbaik bagi kami. Ia merupakan salah satu prioritas kami," kata presiden PSG yang berasal dari Qatar, Nasser Al-Khelaifi, saat mencoba meyakinkan beberapa orang dalam proses pencarian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimanapun, sebelumnya Blanc sudah pernah menjuarai Ligue 1 bersama dengan Bordeaux pada 2009, sehingga ia sudah memiliki pengalaman untuk mengeluarkan potensi terbaik di tim. Apalagi, saat ini kekuatan PSG kian menakutkan dengan hadirnya sejumlah pemain hebat di musim panas ini, yakni Lucas Digne, Marquinhos, dan Cavani, yang total menghabiskan dana belanja sebesar 114 juta euro.

Bintang Uruguay Cavani, yang merupakan pencetak gol terbanyak Serie-A musim lalu bersama Napoli, dibeli dengan harag 64 juta euro (sekitar Rp 875,512 miliar). Jumlah tersebut mematahkan rekor transfer Perancis yang beberapa pekan sebelumnya dipegang mantan striker Atletico Madrid, Radamel Falcao, yang dibeli Monaco dengan harga 60 juta euro.

Kehadiran Cavani dan Ibrahimovic di sektor serangan dikombinasikan dengan Thiago Silva di lini belakang membuat PSG tetap difavoritkan untuk mempertahankan gelar, namun Monaco diperkirakan  dapat memaksa klub Paris itu berjuang keras.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.