Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prestasi Pelatih Baru Persib Bojan Hodak, 3 Final dalam 3 Musim Terakhir

KOMPAS.com - Persib Bandung menunjuk Bojan Hodak sebagai pelatih pada Rabu (26/7/2023). Ia menggantikan peran Luis Milla yang baru-baru ini memutuskan mundur.

Sebelum resmi menjadi pelatih Persib di Liga 1 2023-2024, Bojan Hodak melatih di Kuala Lumpur City FC yang berkompetisi di Liga Malaysia. 

Bojan Hodak merupakan pelatih berlisensi UEFA Pro yang cukup diperhitungkan dalam kompetisi di Malaysia.

Sepak terjang Bojan Hodak selama menangani Kuala Lumpur FC diyakini menjadi pertimbangan Persib mengontraknya dengan durasi satu musim.

Dalam debutnya, Hodak langsung membawa Kuala Lumpur FC juara. Ia berhasil memenangkan Malaysia Cup 2021. 

Malaysia Cup adalah satu dari tiga kompetisi domestik bergengsi yang digelar di sepak bola Malaysia. 

Pada laga final 30 November 2021, Hodak dan timnya Kuala Lumpur City mengalahkan Johor Darul Ta’zim (JDT) dengan skor 2-0. 

Hasil tersebut sekaligus membawa tim Ibu Kota mentas di kompetisi Asia AFC Cup 2022. 

Kesuksesan pelatih asal Kroasia itu berlanjut pada musim 2022. Ia mampu mengantarkan The City Boys Hawks—julukan Kuala Lumpur FC—tampil di partai final AFC Cup 2022. 

Performa impresif klub yang ditangani Hodak berhasil mengumpulkan lima kemenangan dan sekali imbang, sebelum dikalahkan wakil Oman Al-Seeb di partai puncak AFC Cup 2022 dengan skor 0-3, 22 Oktober 2022.

Kepercayaan publik Kuala Lumpur kepada Hodak berlanjut pada musim ketiga. Pelatih 52 tahun itu menjawab kepercayaan dengan keberhasilan membawa tim ke final Malaysia FA Cup 2023.

Sayang Hodak gagal memberi kado perpisahan juara bersama klubnya, usai dikalahkan JDT 0-2 pada Sabtu (22/7/2023) lalu di Stadion Sultan Ibrahim.

Catatan Bojan Hodak dalam tiga musim terakhir bawa Kuala Lumpur City FC ke partai final:

Serangkaian final memang pernah dilalui Hodak di setiap musimnya. Bagaimana track record dia di Liga Super Malaysia?

Pada musim 2021 Hodak hanya mampu mengantarkan Kuala Lumpur City finis di posisi ke-6. Dari 22 pertandingan, mereka memenangkan 8 pertandingan, 5 kalah, dan 9 kali imbang.

Musim kedua, Hodak membawa Kuala Lumpur City FC kembali finis di peringkat 6, mengumpulkan 8 kemenangan, 5 kali imbang, dan 9 kalah.

Musim ketiga Liga Super Malaysia 2023 yang baru dihelat setengah musim hingga Juli ini, pelatih kelahiran Zagreb tersebut baru mampu membawa timnya berada di posisi 7 klasemen dengan 6 kemenangan, 7 kali imbang dan 4 kalah. 

Apakah capaian Bojan Hodak di Liga Malaysia bisa memberikan dampak untuk Persib musim ini?

Bos Persib Teddy Tjahjono berharap, sosok yang dipilihnya sebagai pelatih Persib bisa membawa Maung Bandugn bangkit di Liga 1 2023-2024.

Sejauh ini Persib belum pernah menang dalam empat pertandingan yang telah dilaluinya. Maung Bandung menelan satu kekalahan dan tiga kali imbang.

"Kami berharap, bersama pelatih baru ini, Persib bisa bangkit untuk memburu target awal kami yaitu posisi empat besar," harap Teddy.

https://bola.kompas.com/read/2023/07/26/13400658/prestasi-pelatih-baru-persib-bojan-hodak-3-final-dalam-3-musim-terakhir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke