Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut VAR di Liga 1 Indonesia, Wasit Siap, Kerja Keras Pantaskan Diri

Kompas.com - 14/05/2024, 18:30 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menandai kali pertama teknologi VAR (Video Assistant Referee) dipakai di kompetisi teratas Indonesia.

Kehadiran teknologi pembantu wasit, VAR, di Liga 1 2023-2024 disambut antusias oleh seluruh elemen sepak bola Indonesia, tidak terkecuali para wasit.

Para pengadil lapangan mengaku akan bekerja keras memantaskan diri. Supaya, teknologi ini bisa bermanfaat dan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

Wasit Liga 1 2023-2024, Thoriq Alkatiri, mengungkapkan ia dan rekan-rekan pengadil lain terus belajar dan memahami tata cara penggunaan VAR.

“Ya, yang pertama waktu meeting-nya pengenalan VAR sendiri, bagaimana dan apa saja yang bisa dicampuri oleh VAR. Protokol yang harus dipatuhi prosedurnya,” ujar wasit berlisensi FIFA itu kepada Kompas.com.

“Tidak bisa semuanya diintervensi atau dicampuri oleh VAR. Jadi memang pentingnya di situ,” katanya menambahkan.

Baca juga: VAR di Championship Series Liga 1 2023-2024, Bali United Punya Harapan

Dalam penggunaan VAR wasit akan berhubungan langsung dengan Replay Operator (RO). Posisi RO akan diisi oleh orang-orang yang telah mendapatkan pelatihan bersama wasit dalam seminar dan sertifikasi VAR.

Para RO ini bertanggung jawab untuk mengolah rekaman video pertandingan untuk kebutuhan pengambilan keputusan.

Karena itu, wasit dan RO ini harus mempunyai komunikasi yang baik supaya VAR bisa berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.

“Bukan wasit saja yang belajar tapi RO juga kebetulan sebagian dari orang penyiaran jadi terbiasa dengan gambar-gambar dan pemasangan,” kata Thoriq Alkatiri.

“RO belajar tentang teknologi dan wasitnya belajar tentang perwasitan,” ucapnya menjelaskan.

Wasit Thoriq Alkatiri saat memimpin laga pekan ke-29 Liga 1 2023-2024 antara Persebaya Surabaya melawan Madura United yang berakhir dengan skor 0-0 di Stadion gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (13/3/2024) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Wasit Thoriq Alkatiri saat memimpin laga pekan ke-29 Liga 1 2023-2024 antara Persebaya Surabaya melawan Madura United yang berakhir dengan skor 0-0 di Stadion gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (13/3/2024) malam.

Bagaimanapun, Thoriq mengatakan bahwa penerapan teknologi baru ini membutuhkan adaptasi.

“Susahnya ya sama seperti kita menggunakan ponsel, ketika ponsel baru pasti teknologinya baru,” ucap wasit asal Purwakarta itu.

“Karena di sini wasit kan tidak pegang teknologinya, jangan salah. Yang memegang teknologinya adalah RO-nya."

"Wasitnya belajar tentang protokol-protokol itu sendiri. Sedikit-sedikit juga tentang kamera, letak-letaknya,” tuturnya menegaskan.

Baca juga: Harapan Pemain Persib soal VAR di Championship Series Liga 1 2023-2024

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com