Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebangkitan Asia pada Piala Dunia 2022

Meski pada babak 16 besar timnas Jepang asuhan Hasime Morayasu kandas setelah kalah adu tendangan penalti melawan Kroasia, tetapi dengan mengalahkan Jerman dan Spanyol, kesebelasan Samurai Biru itu sempat menghebohkan blantika sepak bola dunia dengan kisah nyata bersuasana dongeng tergolong too good to be true untuk Jepang. Namun too bad to be true bagi Jerman dan Spanyol!

Kejayaan Jepang pada hakikatnya bukan merupakan kebetulan atau keberuntungan sebab sudah dipersiapkan secara sistematis, terstruktur dan masif dengan menugaskan para pesepak bola Jepang untuk "magang" sambil berkarya di klub-klub sepak bola terkemuka di Eropa sehingga kini timnas Jepang paham gaya sepak bola Eropa.

Dengan bekal pengalaman empirik yang didulang tatkala "magang" di Eropa maka Jepang terbukti mampu menaklukkan Jerman dan Spanyol serta sama kuat dengan Kroasia tanpa adu penalti.

Dengan menaklukkan Portugal pada babak awal Piala Dunia 2022, sebenarnya timnas Korea Selatan juga cukup keren, meski kemudian perlaya secara terhormat tatkala melawan sang lima kali juara dunia, Brasil. Prestasi terbaik Korsel adalah ketika berhasil menjadi juara ke IV setelah dikalahkan Jerman dan Turki pada Piala Dunia 2002.

Masih ada waktu persiapan selama empat tahun bagi Jepang dan Korsel untuk tampil lebih prima pada Piala Dunia 2026 .

Sementara tidak terutup kemungkinan bahwa sang raksasa Asia yang kini masih nyenyak tidur akan terbangun untuk ikut berlaga pada Piala Dunia 2026, yaitu China. Dua miliar warga China di China maupun yang tersebar sebagai diaspora di seluruh pelosok dunia sejak lama sangat mendambakannya.

Sementara sebagai seorang warga Indonesia bersama nyaris 300 juta warga Indonesia, saya berharap dambaan lama pribadi saya akhirnya pada tahun 2026 terkabul menjadi kenyataan, yakni timnas Indonsia lolos babak prakualifikasi sehingga berhak ikut berlaga di Piala Dunia 2026 di tiga negara Amerika Utara dan Amerika Tengah: Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Gooooooooooool!

https://bola.kompas.com/read/2022/12/08/08301788/kebangkitan-asia-pada-piala-dunia-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke