Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Brasil Vs Swiss: 2 Pemain Liga 1 Bicara Absennya Neymar dan Pengaruhnya bagi Selecao

KOMPAS.com - Bek Bali United, Willian Pacheco dan penyerang Borneo FC, Matheus Pato, bicara mengenai absennya Neymar dan pengaruhnya bagi Brasil.

Neymar dipastikan tak bisa memperkuat Brasil saat menghadapi Swiss dalam laga kedua penyisihan Grup G Piala Dunia 2022 Qatar di Ras Abu Aboud Stadium, Senin (28/11/2022) malam WIB.

Sang bintang terpaksa absen karena mengalami cedera pada laga perdana melawan Serbia.

Padahal, Brasil membutuhkan bintang Paris Saint-Germain itu ketika melawan Swiss dalam laga kedua. Sebab, laga tersebut bisa memastikan Brasil meraih tiket 16 besar Piala Dunia 2022.

Willian Pacheco menilai absennya Neymar menjadi kehilangan bagi Timnas Brasil, tetapi bukan berarti mengurangi kekuatan Selecao, julukan Brasil.

Hanya saja, ia yakin perjuangan Tim Samba ini untuk lolos akan lebih mulus jika Neymar ada.

“Akan lebih baik memiliki Neymar, saya harap dia segera pulih dan membawa gelar keenam Piala Dunia untuk Brasil,” ujarnya.

Akan tetapi secara keseluruhan ia melihat Brasil akan baik-baik saja tanpa Neymar.

Berdasarkan pengamatannya, tim besutan Tite tersebut cukup solid lantaran pengalaman bermain bersama lebih dari satu tahun.

Selain itu Brasil juga tidak kekurangan pemain berkualitas nan fenomenal untuk mengisi kekosongan Nyemar. Tite pun punya banyak pilihan untuk mencari penggatinya.

“Salah satunya memiliki Raphinha dan Vinicius Jr sebagai starter, dua pemain muda yang bahkan belum pernah memainkan 20 pertandingan untuk tim nasional,” ujar pemain yang mulai berkarier di Indonesia sejak 2015 itu.

“Bersama dengan Antony dan Rodrygo, duo ini membentuk grup berjuluk fast leg (kaki cepat)."

“Semua kemungkinan terbuka, semua pemain adalah protagonis di tim mereka, mereka dalam performa yang sangat baik,” imbuhnya.

Pendapat serupa juga disampaikan Matheus Pato. Kehilangan Neymar bisa menjadi batu sandungan bagi Brasil untuk memuluskan jalan mereka ke babak 16 besar.

Akan tetapi, ia optimistis karena pemain-pemain lain sedang dalam kondisi on-fire.

“Hari pertandingan tanpa Neymar akan sangat sulit. Tapi Brasil memiliki pemain yang hebat dan saya berharap mereka bisa menang dan lolos ke babak selanjutnya,” ucapnya.

Ia melihat dua nama yang bisa mengisi kekosongan Neymar, yakni Vinicius jr dan Richarlison. Keduanya telah membuktikan diri ketika tampil impresif saat melawan Serbia pada laga perdana.

“Vinicius Jr dan Richarlison akan mencetak gol kembali hari ini,” kata pemain asing yang baru mencicipi Liga 1 2022-2023.

Ia pun mengakui Brasil unggul segala aspek atas Swiss. Tetapi Matheus Pato mewanti-wanti Brasil untuk tidak jumawa.

Sebab, semua tim yang melawan Brasil pasti memiliki motivasi lebih untuk menang. Hal itu dibuktikan Serbia yang sempat merepotkan Brasil meskipun tidak diunggulkan.

“Pertandingan Piala Dunia sangat sulit, semua tim datang dengan kesiapan penuh untuk turnamen ini,” pungkasnya.

Brasil membutuhkan kemenangan untuk mengikuti jejak Perancis yang sudah lebih dulu lolos ke fase knock-out.

Jika gagal meraih poin penuh, peraih lima gelar juara dunia ini harus menunggu hingga laga pamungas untuk memastikan diri lolos.

Matchday ketiga Grup G akan berlangsung 3 Desember dan dua laga berlangsung serempak. Brasil bertemu Kamerun dan Swiss menghadapi Serbia.

https://bola.kompas.com/read/2022/11/28/20200038/brasil-vs-swiss-2-pemain-liga-1-bicara-absennya-neymar-dan-pengaruhnya-bagi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke