Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Persik Vs Borneo FC: Berhias Tendangan Roket dan Sinar Pato, Pesut Etam Menang 2-1

KOMPAS.com – Borneo FC berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Persik Kediri dalam lanjutan pekan ke-4 Liga 1, kasta tertinggi Liga Indonesia 2022-2023.

Pertandingan Persik vs Borneo FC dalam jadwal Liga 1 2022-2023 digelar di Stadion Brawijaya pada Jumat (12/8/2022).

Dalam pertandingan kontra Persik Kediri, Matheus Pato tampil cemerlang. Ia berhasil mencatatkan brace atau dua gol pada menit ke-66 dan 77.

Salah satu gol yang dibukukan oleh Matheus Pato bahkan dikemas melalui tendangan roket via eksekusi bola mati.

Sementara itu, Persik Kediri membobol gawang Borneo FC melalui aksi Yusuf Meilana saat laga memasuki menit ke-64.

Dengan demikian, Borneo FC dipastikan sebagai pemenang atas Persik Kediri dengan skor tipis 2-1.

Adapun Persik Kediri tidak didampingi pelatih mereka, Javier Roca. Posisi dia dipinggir lapangan digantikan oleh asisten pelatih Johan Prasetyo.

Sebelumnya, Javier Roca juga tidak turut serta dalam sesi konferensi pers pra-pertandingan Persik vs Borneo. Ia absen karena sedang sakit.

Ulasan pertandingan Persik Kediri vs Borneo FC

Persik Kediri langsung tampil menyerang pada awal babak pertama. Skuad berjuluk Macan Putih mengekploitasi sisi kanan lapangan permainan.

Salah satu peluang berbahaya Persik Kediri dari sisi kanan muncul dari umpan crossing yang dikirimkan oleh Yusuf Meilana pada menit ke-3.

Umpan Yusuf Meilana diterima oleh Riyatno Abiyoso. Dia lantas melepaskan tendangan ke arah gawang Borneo FC.

Akan tetapi, bola hasil tendangan Riyatno Abiyoso masih belum membuahkan hasil untuk Persik Kediri.

Tidak lama kemudian, Persik mendapatkan kesempatan lewat sepak pojok. Renan Silva pun maju sebagai eksekutor.

Ia mengirimkan operan lambung kepada Rohit Chand. Pemain asal Nepal itu menyambutnya dengan tandukan, tetapi tidak tepat sasaran.

Di lain sisi, Borneo FC juga sempat mengancam ke gawang Persik. Mereka mendapatkan peluang melalui tandukan Javlon Guseynov yang masih melebar tipis di sisi kiri gawang lawan.

Setelah itu, pertandingan semakin menarik. Baik Persik Kediri dan Borneo FC saling adu serangan dengan menampilkan permianan terbuka.

Persik Kediri beberapa kali mencoba peruntungan melalui tendangan spekulasi dari luar kotak penalti Borneo FC.

Akan tetapi, percobaan itu tidak terlalu efektif. Sebab, tidak mampu menghasilkan gol buat Persik Kediri hingga laga memasuki menit ke-20.

Memasuki menit ke-29, terjadi insiden tabrakan yang melibatkan kiper Borneo FC Dwi Kus dan striker Persik Joanderson.

Saat itu, Joanderson mengejar bola kiriman rekan setimnya. Ia berlari dan mencoba mencungkil bola untuk bisa memasukkan si kulit bulat ke gawang Borneo FC.

Setelah berhasil mencungkil bola, Joanderson mendapatkan terjangan dari Dwi Kus. Insiden itu membuat sang penyerang meringis kesakitan di lapangan.

Oleh sebab itu, wasit memberikan kartu kuning kepada Dwi Kus karena dianggap melakukan pelanggaran keras kepada Joanderson.

Persik Kediri dan Borneo FC terus berupaya untuk membuka keunggulan. Namun, tidak ada gol yang tercipta sehingga pertandingan babak pertama masih imbang 0-0.

Berlanjut ke babak kedua, Renan Silva melepaskan sepakan plecing ke gawang Borneo FC dari luar kotak penalti.

Bola hasil tembakan Renan Silva sejatinya tepat sasaran. Namun, kurang keras, sehingga dapat dengan mudah ditangkap kiper Borneo FC, Dwi Kus.

Pada menit ke-57, Stefano Lilipaly menebar ancaman ke gawang Persik melalui tendangan bebas. Bola hasil tendangan dia mengarah ke sudut kanan.

Sayang bagi Borneo FC, kiper Persik Dikri Yusron dapat dengan baik membaca arah bola guna mencegah terjadinya gol.

Kebuntuan akhirnya pecah setelah Persik Kediri mencetak gol melalui Yusuf Meilana pada menit ke-64.

Bermula dari crossing Agil Munawar, Yusuf Meilana menyambutnya dengan sepakan kaki kiri untuk menceploskan bola ke gawang Borneo FC.

Berkat itu, Persik Kediri untuk sementara unggul 1-0 atas Borneo FC.

Namun, tidak berselang lama Borneo FC berhasil menyamakan kedudukan 1-1 dengan Persik melalui Matheus Pato pada menit ke-66.

Matheus Pato membobol gawang Persik Kediri seusai menerima bola muntah di dalam kotak penalti.

Lagi-lagi, Matheus Pato kembali mencetak gol. Dia merobek jala gawang Persik Kediri melalui tendangan roket dari bola mati pada menit ke-77.

Keberhasilan tersebut mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Borneo FC atas Persik Kediri hingga pertandingan berakhir.

PERSIK KEDIRI vs BORNEO FC (Yusuf Mailana 64'/Matheus Pato 66' 77')

Susunan pemain Persik Kediri vs Borneo FC

Persik Kediri: 31-Dikri Yusron, 8-Arthur Irawan (11-Ady Eko 46’), 4-M. Sabillah (19-Muhamad Ridwan 87'), 37-Agil Munawar, 10-Renan Silva, 22-Riyatno Abiyoso, 32-Rohit Chand, 86-Taufiq (6-Krisna Bayu Otto 56’), 7-Yusuf Meilana, 88-Joanderson De Jesus Assis (23-Arsyad Yusgiantoro 69’), 89-Radiansyah.

Cadangan: 96-Kurniawan Kartika Ajie, 16-Samsul Arifin, 78-Vava Mario, 11-Ady Eko, 13-Faris Aditama, 6-Krisna Bayu Otto, 44-Mohamad Rivaaldi, 23-Arsyad Yusgiantoro, 19-Muhamad Ridwan, 17-Pahabol.

Pelatih: Johan Prasetyo (asisten pelatih).

Borneo FC: 99-Dwi Kus, 24-Diego Michiels, 19-Javlon Guseynov, 4-Wildansyah (13-Agung Prasetyo 63’), 12-Hendro Siswanto, 10-Jonathan Bustos, 8 -Kei Hirose, 56-Muhammad Fajar, 28-Terens Puhiri, 7-Matheus Antonio De Sousa Santos (9-A Nur Hardianto 89'), 14-Stefano Lilipaly (91+2').

Cadangan: 63-Daffa Fasya, 13-Agung Prasetyo, 97-Irsan Rahman, 74-Muhammad Rifad, 23-Arya Putraa, 90-M Sihran, 66-Misbakus Solikin, 33-Wahyudi Setiawan, 9-A Nur Hardianto, 27-Muhaammad Andy Harjito.

Pelatih: Milomir Seslija.

https://bola.kompas.com/read/2022/08/12/17255678/hasil-persik-vs-borneo-fc-berhias-tendangan-roket-dan-sinar-pato-pesut-etam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke