Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi, Ronald Koeman Gantikan Louis van Gaal di Timnas Belanda Usai Piala Dunia 2022

KOMPAS.com – Ronald Koeman secara resmi diumumkan bakal menggantikan posisi Louis van Gaal sebagai juru racik timnas Belanda selepas perhelatan Piala Dunia 2022.

Kepastian tersebut diketahui melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) pada Rabu (6/4/2022).

“Setelah Piala Dunia mendatang, Ronald Koeman akan mengambil alih posisi Louis van Gaal sebagai pelatih di tim nasional,” demikian pernyataan resmi KNVB, dilansir dari Sky Sports.

“Kontrak (Ronald Koeman) sebagai pelatih akan berlangsung hingga Piala Dunia 2026 dan sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak,” lanjut pernyataan tersebut.

Ronaldo Koeman saat ini memang belum mendapatkan pekerjaan baru selepas masa tugasnya di Barcelona berakhir dengan pemecatan.

Tentunya, Ronald Koeman merasa bangga dengan datangnya tawaran yang diberikan oleh timnas Belanda kepadanya.

Sebab, ini bakal menjadi periode kedua Ronald Koeman memimpin timnas Belanda.

Sebelumnya, dia melatih The Oranje pada musim 2017-2018 hingga 2020-2021.

Selama masa baktinya itu, Ronald Koeman sukses mengantarkan timnas Belanda menjadi runner-up di UEFA Nations League di musim 2018-2019.

“Saya menantikan kolaborasi baru. Lebih dari setengah tahun yang lalu, saya meninggalkan timnas Belanda bukan karena alasan ketidakpuasan,” tutur Koeman.

“Keberadaan saya di sana terasa bagus, hasil yang didapat bagus, dan chemistry dengan pemain timnas Belanda juga baik. Kami akan segera melanjutkan itu. Itu sangat jelas buat saya,” tambah dia.

Lebih lanjut, Ronald Koeman juga menuturkan bahwa tidak sabar untuk meraih kesuksesan bersama timnas Belanda saat masa aktifnya sebagai pelatih tiba.

“Bangga untuk mengabarkan bahwa saya akan menjadi manajer timnas Belanda lagi setelah World Cup. Saya sangat menantikannya, mari kita raih kesuksesan bersama,” ujar dia di Twitter.

Sementara itu, pelatih timnas Belanda saat ini, Louis van Gaal, mengungkapkan bahwa dirinya tengah berjuang melawan kanker prostat.

Louis van Gaal mengungkapkan demikian dalam sebuah program televisi Belanda, Humberto, pada Minggu (3/4/2022).

“Saya tidak menceritakannya kepada pemain saya karena itu bisa mempengaruhi penampilan mereka,” kata Van Gaal dilansir dari BBC.

https://bola.kompas.com/read/2022/04/07/00560908/resmi-ronald-koeman-gantikan-louis-van-gaal-di-timnas-belanda-usai-piala-dunia

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+