Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persib Berpeluang Besar Berkandang di Stadion GBLA di Liga 1 2020

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan lampu hijau bagi Persib Bandung untuk menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai homebase saat mengarungi kompetisi Liga 1 2020.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto, mengatakan, infrastruktur Stadion GBLA sangat representatif untuk sebaga stadion kandang Persib di kompetisi.

Eddy mengatakan, pihaknya sudah sudah melakukan renovasi terhadap sejumlah fasilitas stadion yang mengalami kerusakan.

Selain itu, proses pemeliharaan pun terus dilakukan secara berkala. Maka dari itu, kondisi Stadion GBLA pun terawat dengan baik.

"Secara fisik sudah siap untuk digunakan sebagai tempat berlatih maupun pertandingan. Sebab, dari sisi pemeliharaan terus kami lakukan secara rutin," kata Eddy, saat dihubungi wartawan, Kamis (2/7/2020).

"Termasuk perbaikan-perbaikan yang kemarin saat terdahulu akan digunakan liga karena terhenti Covid-19 kami sudah antisipasi itu," ucap dia.

Kendati demikian, Eddy belum bisa memastikan apakah Persib benar-benar bisa berkandang di Stadion GBLA dalam Liga 1 2020.

Menurut dia, semua tergantung situasi dan kondisi Kota Bandung terkait Covid-19.

Saat ini, Kota Bandung memang sudah menerapkan kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), tetapi belum ada Peraturan Walikota (Perwal) terkait aktivitas olahraga.

Kalaupun ada, sifatnya masih sebatas latihan, belum ke hal-hal yang berkaitan dengan turnamen atau kompetisi.

"Karena pada prinsipnya, kalau mengacu pada Perwal setiap aktivitas olahraga apa pun kita masih diperkenankan untuk latihan olahraga saja. Kalau di PSSI kan ada yang mungkin untuk Kompetisi, nah nanti kami sesuaikan dengan perkembangan situasi di Kota Bandung," kata Eddy.

Eddy optimistis, peluang Persib untuk berkandang di Stadion GBLA cukup besar. Pasalnya, kompetisi baru akan bergulir pada Oktober mendatang.

Dia berharap, dalam tiga bulan ke depan situasi terkait Covid-19 di Kota Bandung semakin terkendali, hingga Kota Bandung masuk dalam zona hijau.

"Liga ini kan masih Oktober mungkin nanti dalam 14 hari ke depan bisa saja naik jadi zona hijau kan nah itu memungkinkan ada satu kelonggaran lagi untuk bisa digunakan kompetisi," kata dia.

Namun, andai Persib menggunakan Stadion GBLA sebagai homebase di kompetisi, tetap ada protokol kesehatan yang harus dituruti. Salah satunya, pertandingan belum boleh digelar dengan penonton.

Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadi gelombang baru penyebaran virus corona, terutama di Kota Bandung.

"Terutama kompetisi sekarang tidak akan ada penonton. Karena kan masih pandemi Covid-19 itu kan sesuai protokol kesehatan seperti di WHO, dan seperti liga-liga di Eropa juga sepak bolanya tanpa penonton," ujar Eddy.

Persib sudah bisa menggunakan Stadion GBLA sebagai sarana latihan, dalam rangka persiapan menghadapi Liga 1 2020. Klub berjulukan Maung Bandung itu akan mulai berlatih pada Senin (6/7/2020).

Latihan tim Persib akan berlangsung tertutup, artinya tidak boleh sembarangan orang masuk untuk menyaksikan sesi latihan tersebut.

Skema pengamanan dan pengawasan pun sudah disimulasikan pengelola stadion untuk memperketat keamanan. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan, selama sesi latihan Persib berlangsung hanya akan ada satu pintu yang dibuka sebagai akses masuk dan keluar.

"Insya Allah yah tadi kalau lihat sama-sama simulasinya, relatif sudah baik, apalagi tadi betul-betul pintu masuk hanya satu sehingga pengawasan juga lebih baik dan lebih ketat," kata Yana.

https://bola.kompas.com/read/2020/07/02/18413728/persib-berpeluang-besar-berkandang-di-stadion-gbla-di-liga-1-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke