Salin Artikel

Ide Iker Casillas untuk Sepak Bola Eropa Dimentahkan Presiden LaLiga

KOMPAS.com - Mantan kiper Real Madrid, Iker Casillas, melontarkan idenya untuk meluncurkan kembali liga-liga sepak bola Eropa yang terhenti akibat pandemi virus corona. Akan tetapi, usulannya langsung dimentahkan oleh Presiden LaLiga, Javier Tebas.

UEFA masih mencari cara terbaik untuk menyelamatkan musim sepak bola 2019-2020.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, telah menekankan agar semua pihak bersatu dan tidak membatalkan kompetisi musim ini yang terhenti semenjak medio Maret.

Namun, pertemuan yang telah dilakukan oleh klub-klub Liga Italia dan Liga Inggris belum menemukan cahaya di balik terowongan.

Premier League, dalam pertemuan mereka, hanya sepakat bahwa kompetisi tak akan bisa kembali dimainkan pada awal Mei, tenggat waktu terbaru mereka.

Liga Belgia bahkan di ambang meratifikasi pemberhentian musim kompetisi domestik 2019-2020 mereka.

Salah satu sosok yang mencoba menemukan jalan keluar di tengah krisis akibat virus corona ini adalah Iker Casillas.

Legenda di bawah mistar Real Madrid itu merupakan kandidat presiden RFEF (PSSI-nya Spanyol).

Ia mengusulkan agar musim bergulir 3-4 bulan lagi setelah mendapat lampu hijau dari otoritas kesehatan.

Saran tersebut ia lempar lewat akun Twitter resminya pada Minggu (5/4/2020) sore waktu Indonesia.

Kiper yang membela Real Madrid dalam rentang 1998-2015 itu punya proposal agar musim dapat selesai pada Desember dengan semua final kompetisi domestik, Liga Europa, dan Liga Champions juga dituntaskan pada bulan sama.

Menurutnya, ini adalah langkah terbaik agar sepak bola Eropa dapat menyesuaikan kalendar dengan Piala Dunia yang akan bergulir di Qatar pada November 2022.

"Bagaimana cara Anda memecahkan kalender sepak bola Eropa? Apakah Anda akan membatalkan musim? Apakah musim bakal dimainkan selama satu tahun kalender? Jika begitu, apabila semua sudah membaik dalam 3-4 bulan, kita bisa memainkan sisa kompetisi dan menuntaskan final Liga Champions dan Liga Europa pada Desember. Hal besar berikut adalah Piala Dunia pada November 2022. Penyesuaian," cuit Casillas.

"Tanggal-tanggal baru telah diindikasikan yang dapat membuat kami menyelesaikan musim. Menunda akhir liga dan memulai di tahun kalender akan membuat kita kehilangan satu musim penuh. Apa yang akan terjadi ke kontrak-kontrak hak siar, kontrak pemain, yang ditanda tangani untuk beberapa musim, yang dapat bernilai jutaan euro," tulis Tebas.

https://bola.kompas.com/read/2020/04/05/21450038/ide-iker-casillas-untuk-sepak-bola-eropa-dimentahkan-presiden-laliga

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.