Salin Artikel

Pola Makan Sehat Ala Pebalap Rio Haryanto

Saat makan malam bersama Kompas.com di sebuah restoran lokal di Suzuka, Jepang, pada Kamis (20/6/2019), Rio Haryanto tak langsung kalap memesan makanan meski telah seharian beraktivitas di sirkuit.

Di daftar menu restoran, terpampang aneka sajian menggiurkan. Namun, Rio justru lebih memilih makanan berjenis sayuran.

Saat ditawari nasi pun, Rio langsung menolaknya. Ia mengaku sebisa mungkin menghindari karbohidrat.

"Sekarang saja berat badan saya ini sudah 66 kilogram. Setelah mengurus perusahaan dan jarang balapan, pola makan memang sempat kurang terkontrol," ujar Rio sambil menyantap sayuran yang dipesannya.

"Dulu waktu masih balapan di Formula 1 (F1), berat saya cuma 62 kilogram. Makanya sekarang saya kurangi karbohidrat seperti nasi," ucap pebalap asal Solo, Jawa Tengah itu melanjutkan.

Terkait pola makan, Rio pun dengan tegas memegang prinsip low-carb high-protein atau rendah karbohidrat dan perbanyak protein.

"Pastinya kita tetap harus menjaga berat badan, stamina juga, jadi dibutuhkan banyak nutrisi. Jadi pola makan yang biasa saya terapkan adalah low carb high protein. Kalau kebanyakan karbohidrat, pasti berat badan kita akan naik."

"Saya memang tetap butuh karbohidrat, tetapi biasanya hanya untuk jelang race, karena saya butuh energinya. Biasanya kalau karbohidrat, saya makan pasta atau nasi, sedangkan proteinnya lebih ke ikan dan ayam," ucap Rio.

Selain prinsip low carb high protein, Rio Haryanto juga mengaku tidak suka makanan manis atau mengandung gula tinggi.

"Saya pantangan makan yang manis-manis seperti kue, snack manis, dessert. Biasanya itu saya hindari, karena kalorinya sangat tinggi juga kalau gula."

Pola makan seperti ini terus dipertahankan oleh Rio, terlebih saat ini dia sedang mengikuti ajang Blancpain GT World Tour Asia 2019 bersama T2 Motorsports.

Ajang tersebut sudah memasuki seri ketiga, yakni di Sirkuit Suzuka, Jepang. Ia akan bertandem dengan pebalap Singapura, Gregory Teo.

Sesi balapan di Sirkuit Suzuka akan diselenggarakan pada Sabtu (22/6/2019) dan Minggu (23/6/2019).

https://bola.kompas.com/read/2019/06/21/07300008/pola-makan-sehat-ala-pebalap-rio-haryanto

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.