Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendapat McMenemy soal Krisis Penyerang Lokal di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy, menyampaikan pendapat terkait krisis penyerang lokal dalam persepakbolaan nasional.

Menurut SimonMcMenemy, masalah tersebut tak cuma terjadi di Indonesia. Hal itu juga di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

McMenemy menilai, krisis penyerang lokal merupakan imbas dari keinginan klub-klub di kompetisi lokal untuk jadi juara.

"Karena berkompetisi di level teratas, klub-klub ingin menang dan solusinya menggunakan penyerang asing," kata McMenemy di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Menurut McMenemy, dirinya pernah menyampaikan seputar permasalahan tersebut ke PSSI.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menyebut pihaknya tengah menggodok strategi khusus untuk mengatasi hal tersebut.

Menurut Tisha, PSSI akan mengumumkan strategi tersebut pekan depan, bersamaan dengan pengumumkan tim kepelatihan McMenemy.

Sebagai informasi, daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 dalam dua musim terakhir selalu dikuasai penyerang asing.

Khusus pada Liga 1 2018, hanya ada satu penyerang lokal yang masuk 10 besar pencetak gol terbanyak Liga 1 2018. Dia adalah Samsul Arif dari Barito Putera dengan 14 gol dan hanya menempati peringkat delapan.

Sementara itu, di Timnas, Indonesia mengandalkan duet pemain naturalisasi, Alberto Goncalves dan Stefano Lilipaly pada perhelatan Piala AFF 2018 silam. Padahal, khusus Alberto, usianya kini sudah menginjak 38 tahun.

Penyerang lokal terakhir kali merajai daftar pencetak gol terbanyak terjadi pada Indonesia Super League 2013. Ketika itu, gelar top skor disabet penyerang Persipura Jayapura asli Papua, Boaz Solossa.

https://bola.kompas.com/read/2019/01/25/08080038/pendapat-mcmenemy-soal-krisis-penyerang-lokal-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke