Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Irak: STY Siap Hasil Terbaik, Hadirkan Latihan Khusus

Kompas.com - 05/06/2024, 15:27 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, optimistis jelang ronde laga lanjutan Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Terdekat ini, Indonesia akan dihadapkan dengan Irak. 

Laga Indonesia vs Irak akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (6/6/2024) pukul 16.00 WIB.

Dalam konferensi pers prapertandingan, Shin Tae-yong menekankan pentingnya kepercayaan diri para pemain saat menghadapi lawan yang di atas kertas berat karena menghuni peringkat ke-58 dunia.

Apalagi, tiga pertemuan terakhir Indonesia vs Irak berakhir dengan kekalahan bagi Merah Putih di level senior (dua kali) dan U23 (sekali).

“Irak merupakan tim yang baik dan pastinya lebih kuat dibanding Indonesia, tetapi sekarang sudah waktunya kita bisa coba untuk meraih kemenangan,” kata Shin Tae-yong.

“Jadi yang penting, para pemain bisa bermain dengan percaya diri, mungkin saja bisa membawa hasil yang baik,” jelasnya.

Baca juga: Indonesia Vs Irak: STY Sebut Verdonk Absen, Kans Jay Idzes Main

Belum lama ini, Indonesia baru saja menyelesaikan pertandingan latihan melawan Tanzania yang berakhir dengan skor imbang 0-0 di Stadion Madya, pada Minggu (2/6/2024).

Shin Tae-yong merancang laga tersebut sebagai tempat uji coba agar bisa melihat kondisi para pemainnya dengan memberikan seluruh pemainnya menit bermain untuk mencicipi lapangan pertandingan.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, laga melawan Tanzania terbukti memberikan manfaat besar bagi kondisi para anak asuhnya.

“Memang pertandingan melawan Tanzania kemarin itu sangat membantu untuk kondisi para pemain dan kondisi pemain saat ini sangat baik,” ujar Shin Tae-yong.

Irak yang memiliki julukan Singa Mesopotamia itu diakui Shin Tae-yong memiliki kekuatan lebih unggul.

Baca juga: Shin Tae-yong Bicara Laga Berbeda Lawan Irak di SUGBK

Namun, Shin Tae-yong menegaskan bahwa skuad Garuda telah mempersiapkan strategi khusus untuk menghadapi pertandingan besok.

“Tim Irak memang tim bagus, kita pastinya akan antisipasi bagaimana akan menyerang, bertahan, dan berjuang. Itu akan kita latih juga hari ini. Kemarin pun sudah dilatih,” jelas sang pelatih.

Selain melawan Irak, timnas Indonesia juga dijadwalkan bertemu Filipina di SUGBK pada Selasa (11/6/2024).

Timnas Indonesia hanya perlu satu kemenangan di antara laga melawan Irak dan Filipina untuk dapat lolos ke putaran berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com