Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae-yong Bicara Laga Berbeda Lawan Irak di SUGBK

Kompas.com - 05/06/2024, 13:17 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyinggung beberapa kesulitan yang dihadapi Merah Putih ketika menghadapi Timnas Irak sebelum kedua tim dijadwalkan bersua di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (6/6/2024) ini.

Sebelum ini, Timnas Indonesia harus tiga kali mengakui kekuatan Timnas Irak. Pertama adalah di pertemuan pertama di ronde Kualifikasi Piala Dunia 2026 kala Merah Putih kalah 1-5 di Basra.

Kemudian, Timnas Indonesia kalah 1-3 di Piala Asia senior pada awal tahun ini sebelum Timnas U23 Indonesia yang juga dibesut STY dan berisikan banyak pemain senior kalah 1-2 di perebutan tempat ketiga di Piala ASia U23.

Menghadapi lawan yang sulit dikalahkan ini, Shin tetap berupaya menjaga mental dan memotivasi anak asuhnya kontra tim yang kini duduk di posisi ke-58 ranking FIFA tersebut.

"Memang beda jauh secara FIFA ranking tetapi saya tetap memotivasi para pemain agar bisa tampil percaya diri karena kami sudah kompak dan levelnya sudah semakin meningkat," ujar Shin di konferensi pers sebelum laga pada Rabu (5/6/2024).

"Para pemain harus enjoy dan menikmati saja pertandingan besok melawan Irak ketimbang takut."

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Kita pasti bisa menunjukkan bahwa peringkat di FIFA ranking itu hanya sebatas angka, bukan yang lain."

Kemudian, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga mengatakan bagaimana faktor-faktor non teknis turut memengaruhi penampilan anak asuhnya saat menghadapi Irak sebelum ini.

"Memang kita kalah 1-5 (di laga leg 1 Kualifikasi Piala Dunia), tetapi waktu itu situasi timnas tidak bisa pindah ke Irak dengan satu pesawat, apalagi waktunya sedikit untuk adaptasi cuaca dan waktu, jadi (para pemain sempat) jet lag," ujar Shin bicara soal laga di Basra.

Suasana pada laga Irak vs Indonesia pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan timnas Indonesia vs Irak berlangsung di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023) malam WIB.Dok. PSSI Suasana pada laga Irak vs Indonesia pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan timnas Indonesia vs Irak berlangsung di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023) malam WIB.

"Setelah itu kami juga away, pindah langsung ke Filipina, itu pun hampir seharian kami pindah ke Irak. Jadi laga away kemarin sangat melelahkan buat para pemain."

"Ketika bertemu lagi di Piala Asia, kami skornya 1-1. Lalu Irak cetak gol, tetapi menurut saya tetap gol offside (gok kedua Irak yang dibukukan Osama Rashid pada injury time babak pertama)."

Baca juga: Semua Proses Beres, Calvin Verdonk Bisa Main Lawan Filipina

"Seandainya diputuskan offside oleh wasit, kita tidak tahu hasil akhirnya seperti apa."

Shin tetap mengakui, di pertandingan sebelumnya ada perbedaan skill individu antara pemain Irak dan Indonesia, tetapi situasi-situasi yang menurutnya disayangkan ini tak membantu Merah Putih.

"Sekarang kita main home, jadi saya berharap pertandingan besok ini bisa jadi laga yang benar-benar adil buat kedua belah pihak," tuturnya melanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com