Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

STY Jelaskan Alasan Pemanggilan Malik Risaldi ke Timnas Indonesia

Kompas.com - 02/06/2024, 21:19 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memaparkan alasan pemanggilan pemain Madura United Malik Risaldi ke timnas Indonesia, dan lebih memilih Dimas Drajad ketimbang Hokky Caraka.

Komentar ini dipaparkan Shin Tae-yong dalam jumpa pers setelah pertandingan latihan Indonesia vs Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, pada Minggu (2/6/2024).

Timnas Indonesia berbagi hasil imbang 0-0 dengan Tanzania dalam pertandingan persiapan jelang ronde laga-laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut.

Malik baru bergabung dengan pemusatan latihan timnas Indonesia pada Sabtu (1/6/2024).

Ia baru datang setelah membela Madura United di laga leg kedua final Championship Series Liga 1 2023-2024 melawan Persib Bandung pada Jumat (31/5/2024).

Penyerang sayap berusia 27 tahun ini berhasil mencatatkan 12 gol dari 36 penampilan bersama Madura United dalam Liga 1 2023-2024.

"Malik dipilih karena bermain baik di Liga 1 dan Malik memang pemain yang diperlukan oleh saya di tim," ujar STY kepada awak media.

Baca juga: STY Ungkap Alasan Mengacak Nomor Punggung Timnas Indonesia

Dalam laga bertajuk training match tersebut, pemain kelahiran Surabaya tersebut diturunkan di paruh kedua menggantikan Marselino Ferdinan.

Selain pemanggilan Malik, STY juga memberikan alasan mengapa dirinya lebih memilih Dimas Drajad dibanding Hokky Caraka untuk mengisi lini depan dalam skuad timnas Indonesia kali ini.

"Untuk alasan kenapa lebih pilih Dimas, karena Piala Asia U23 sudah selesai, Hokky dan Sananta juga bisa di U23 dan senior, karena ini antisipasi untuk Piala Asia U23 juga kemarin," jelas pelatih asal Korea Selatan.

Indonesia telah memainkan empat laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca juga: Kata STY dan Marselino Soal Kurangnya Chemistry Timnas Indonesia Saat Menghadapi Tanzania

Dari empat laga tersebut, Shin Tae-yong selalu melakukan perubahan komposisi pemain untuk bergabung ke timnas Indonesia.

Hal ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan tim dan seiring dengan kedatangan beberapa nama baru ke Timnas Indonesia yang sebagian besar merupakan pemain-pemain diaspora.

Skuad Garuda akan menghadapi Irak dan Filipina di dua laga tersisa Grup F. Kedua laga tersebut akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Merah Putih hanya membutuhkan satu kemenangan guna memastikan satu tempat di putaran ketiga kualifikasi.

Tim besutan STY berada di posisi kedua klasemen Grup F dengan mengoleksi 7 poin dari 4 laga yang sudah dimainkan.

Jadwal timnas Indonesia setelah melawan Tanzania

  • Indonesia vs Irak - Kamis (6/6/2024) pukul 16.00 WIB

  • Indonesia vs Filipina - Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com