Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Dortmund Vs Madrid 0-2, Los Blancos Juara Liga Champions 2024!

Kompas.com - 02/06/2024, 03:58 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Real Madrid menjadi juara Liga Champions 2023-2024 setelah mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0. 

Laga Borussia Dortmund vs Real Madrid pada final Liga Champions berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. 

Los Blancos, julukan Real Madrid, memastkan gelar Liga Champions musim ini berkat gol Dani Carvajal (74') dan Vinicius Junior (83'). 

Ini merupakan trofi Liga Champions ke-15 bagi Real Madrid, kian memantapkan posisi klub sebagai peraih gelar juara Liga Champions terbanyak. 

Baca juga: Real Madrid, di Antara Dewi Fortuna dan Saraf Baja

Madrid nyaris membuka keunggulan pada menit ke-12 saat umpan Dani Carvajal mengarah ke Federico Valverde. Namun, tendangan Valverde melayang di atas mistar.

Dua menit kemudian, giliran Julian Brandt yang mendapatkan peluang emas. Niclas Fullkrug menerima umpan Nico Schlotterbeck dan melewati bek Madrid, Antonio Ruidiger. 

Fullkrug lalu memberikan bola ke Brandt yang berlari ke dalam kotak penalti. Pemain berusia 28  tahun itu melepaskan tembakan, tetapi masih melebar. 

Serangan Die Borussen terus mengancam pertahanan Los Blancos. Karim Adeyemi lolos dari jebakan offside ketika menyambut umpan Mats Hummels. 

Baca juga: Dortmund Vs Madrid: Aura Spesial El Real yang Bikin Lawan Ketakutan

Ia berhadapan dengan kiper Madrid, Thibaut Courtois, tetapi Dani Carvajal sukses menyapu bola dan menghasilkan sepak pojok untuk Dortmund pada menit ke-21.

Peluang terbaik Dortmund tercipta pada menit ke-23 yang diawali umpan Ian Maatsen ke Fullkurg. Tendangan Fullkurg melewati Courtois, tetapi bola mengenai  tiang gawang. 

Kesempatan lainnya untuk Dortmund hadir lima menit kemudian. Adeyemi melewati Carvajal dan masuk ke dalam kotak penalti. 

Namun, sepakan mendatarnya mampu diblok Courtois. Bola memantul dan disundul Fullkurg, tetapi tandukannya melenceng dari target. 

Baca juga: Madrid Siap Umumkan Mbappe 48 Jam Usai Final Liga Champions

Marcel Sabitzer melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-41 yang berhasil ditepis Courtois. Babak pertama pun berakhir tanpa gol alias 0-0. 

Madrid mendapat peluang dari tendangan bebas Toni Kroos pada menit ke-49. Tendangannya melengkung dan menuju gawang, tetapi kiper Gregori Kobel berhasil menggagalkannya. 

Giliran Carvajal yang mengancam dengan tendangan setengah volinya usai menyambut sapuan bola Schlotterbeck. Namun, upaya Carvajal diblok Maatsen dan bola diamankan Kobel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com