Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Depan Ten Hag di MU Tak Pasti, Sir Jim Ratcliffe Kepincut De Zerbi

Kompas.com - 27/05/2024, 23:00 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Roberto De Zerbi menjadi kandidat potensial untuk menggantikan Erik Ten Hag sebagai pelatih Manchester United.

Mengutip pemberitaan The Guardian, pria asal Italia, itu mampu memikat hati pemilik 25 persen saham Manchester United, Sir Jim Ratcliffe.

Gaya permainan atraktif yang mengandalkan penguasaan bola, serta keberhasilan membawa Brighton lolos ke Liga Eropa untuk pertama kali musim lalu, menjadi catatan apik dalam portofolio De Zerbi.

The Guardian memberitakan pada Jumat (24/5/2024), bahwa Man United kemungkinan besar akan memecat Erik Ten Hag, terlepas dari keberhasilan sang pelatih asal Belanda mempersembahkan trofi Piala FA 2023-2024.

Hingga berita ini ditulis, Manchester United belum mengeluarkan pernyataan resmi soal masa depan eks pelatih Ajax tersebut.

Manchester United besutan Ten Hag meraih gelar Piala FA 2023-2024 usai menang 2-1 atas Manchester City dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, pada Sabtu (25/5/2024).

Selepas laga final Piala FA, Ten Hag memberikan pernyataan kepada publik soal simpang siur masa depannya bersama MU.

“Jika mereka tidak menginginkan saya lagi, saya akan pergi ke tempat lain untuk memenangkan trofi," kata Ten Hag, dikutip dari Sky Sports.

Baca juga: Hasil Man City Vs Man United: Berjaya di Wembley, MU Juara Piala FA!

Pakar transfer sepak bola internasional, Fabrizio Romano, memberikan informasi mengenai situasi terkini Ten Hag di Old Trafford.

Direksi Setan Merah disebutnya tengah melakukan peninjauan untuk menentukan masa depan Ten Hag pada pekan ini.

Kontak dengan perwakilan manajer lain telah dilakukan untuk mempersiapkan kepergian Ten Hag. Kini, keputusan tergantung pada direksi dan INEOS perusahaan yang dipimpin oleh Sir Jim Ratcliffe.

Pembicaraan internal dimulai pada Senin (27/5/2024) dan keputusan akan datang dalam beberapa hari mendatang.

Baca juga: Man City Vs Man United, Guardiola Fokus, Segala Kemungkinan Bisa Terjadi

Beberapa kandidat yang masuk ke dalam bursa pengganti Ten Hag selain De Zerbi adalah Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino, Kieran McKenna, pelatih kepala timnas Inggris, Gareth Southgate, Graham Potter, dan Thomas Frank.

Man United sempat mengincar McKenna sebagai kandidat pengganti Ten Hag. Tetapi, niat itu  diurungkan, mengingat usia sang pelatih Ipswich Town yang masih 38 tahun dan belum teruji menukangi tim besar.

Ten Hag mulai bertugas sebagai pelatih kepala Man United pada musim panas 2022. Ia membuat sejumlah keputusan berani, di antaranya adalah "menyingkirkan" Cristiano Ronaldo dan menepikan Jadon Sancho.

Pada musim pertama melatih MU, Ten Hag berhasil mempersembahkan titel juara Carabao Cup alias Piala Liga Inggris, membawa timnya finis di empat besar, serta menembus final Piala FA.

Musim kedua Ten Hag di Man United tak berjalan terlalu menyenangkan dengan pasukannya hanya finis di peringkat delapan Liga Inggris 2023-2024. Namun, Ten Hag masih bisa menghadirkan pelipur lara lewat raihan gelar juara Piala FA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com