Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Frenkie De Jong Dipastikan Tak Bisa Bela Belanda di Euro 2024

Kompas.com - 11/06/2024, 04:29 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Frenkie De Jong dipastikan tak bisa turun membela Belanda di Euro 2024 karena masalah cedera. Ia pun tercoret dari skuad Tim Oranye asuhan Ronald Koeman.

Kabar tersebut diketahui dari unggahan akun media sosial resmi X timnas Belanda @OnsOranje, pada Selasa (11/6/2024) dini hari WIB.

"Frenkie De Jong tidak akan berpartisipasi di Euro 2024. Kami bersamamu, Frenkie," tulis akun media sosial timnas Belanda.

De Jong tampaknya belum pulih benar dari cedera pergelangan kaki yang dideritanya kala membela Barcelona pada 3 Maret silam.

Kala itu, De Jong terpaksa ditarik keluar pada babak pertama laga LaLiga 2023-2024 kontra Athletic Bilbao.

Baca juga: Kalah dari Islandia, Kane Sebut Peringatan bagi Inggris Jelang Euro

Sejak itu, De Jong hanya tiga kali membela Barcelona di sisa musim 2023-2024. Pada tahun ini, ia mentas dalam sepasang leg perempat final Liga Champions 2023-2024 kontra PSG.

Lalu, pada 21 April 2024, De Jong kembali turun di ajang LaLiga, persisnya dalam duel bertajuk el clasico kontra Real Madrid. Lagi-lagi, ia harus diganti sebelum babak pertama rampung. 

Kendati minim tampil bersama Barcelona pada paruh kedua musim lalu, De Jong tetap dicantumkan pelatih Ronald Koeman dalam susunan skuad Belanda menuju Euro 2024.

Namun, dalam uji coba Belanda jelang Euro 2024 melawan Kanada pada 6 Juni 2024 silam, De Jong tak menghiasi susunan starter Belanda.

Nama eks gelandang Ajax tersebut juga tak ada di daftar bangku cadangan. Tanpa De Jong di lapangan, Belanda kala itu bisa menggulung Kanada 4-0.

De Jong kembali tak tertera dalam rombongan skuad Belanda yang menggilas Islandia 4-0 dalam partai pemanasan jelang Piala Eropa 2024 pada 10 Juni 2024 atau Selasa (11/6/2024) dini hari WIB.

Baca juga: Italia Menuju Euro 2024 dengan Playmaker Dobel, Sutradara Nomor 21

Kendati demikian, ketiadaan De Jong jelas menjadi pukulan bagi Belanda jelang ajang prestisius Euro 2024.

Sebab, De Jong merupakan salah satu gelandang berpengalaman yang dimiliki Ronald Koeman.

Di antara gelandang lain di skuad Belanda saat ini, De Jong terbilang salah satu yang paling senior dengan total mencatat 54 penampilan. 

Bandingkan saja caps milik De Jong dengan Teun Koopmeiners (21 penampilan buat Belanda), Ryan Gravenberch (12), Tijjani Reijnders (8), Joey Veerman (9), atau Jerdy Schouten (4).

Dari sekian gelandang yang dibawa Koeman ke Euro 2024, jam terbang De Jong hanya kalah dari Georginio Wijnaldum yang telah 92 kali membela Tim Oranye.

Dalam 54 penampilan bareng Belanda, De Jong, sang gelandang 27 tahun, mempersembahkan sepasang gol. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com