Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xavi bak Picu Gempa Bumi di Barcelona, Merasa Tidak Dihargai

Kompas.com - 27/05/2024, 18:35 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xavi Hernandez meluapkan rasa kekecewaannya. Ia merasa kerja kerasnya selama menjadi pelatih kepala Barcelona tidak mendapatkan apresiasi.

Rasa kekecewaan Xavi diutarakannya setelah pertandingan terakhir LaLiga 2023-2024 melawan Sevilla.

Barcelona menang 2-1 atas Sevilla dalam duel yang bergulir di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (26/5/2024) atau Senin (27/5/2024) dini hari WIB.

Kemenangan Blaugrana tercipta melalui gol yang dilesatkan Robert Lewandowski (15') dan Fermin Lopez (59'). Balasan Sevilla diciptakan oleh Youssef En-Nesyri (31').

Tim asal Catalunya tersebut menutup musim 2023-2024 di posisi kedua klasemen akhir dengan mengoleksi 85 poin, tertinggal 10 angka dari Real Madrid yang keluar sebagai juara LaLiga.

Xavi pergi dari kursi pelatih Barcelona dengan meninggalkan gelar juara Liga Spanyol 2022-2023 dan Piala Super Spanyol 2023-2023. 

Ia ditendang Barcelona setahun lebih cepat dari kontraknya yang baru berakhir pada 2025.

Baca juga: Kata Xavi Usai Dipecat Barcelona, Bangga Tiada Dua

“Saya merasa bahwa semua yang telah saya lakukan dalam dua setengah tahun ini telah menyebabkan gempa bumi. Saya telah menjadi sasaran berkali-kali dalam banyak situasi,” kata Xavi, dikutip dari Sky Sports.

“Saya pikir pekerjaan saya belum cukup dihargai. Tahun ini kami belum mampu melakukan tugas itu karena hal-hal yang detail."

"Kami memiliki empat pertandingan penting di mana kami tidak bisa menyelesaikan pekerjaan baik yang telah kami lakukan,” tutur Xavi menambahkan.

Xavi menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih kepala Barca pada 2021 dan meneken kontrak sampai 2025.

Ia menuntaskan karier kepelatihannya di Barca dengan catatan 90 kemenangan, 23 hasil imbang, dan 29 kekalahan dalam 142 pertandingan di semua ajang.

Baca juga: Siap Gantikan Xavi, Barcelona Capai Kesepakatan Lisan dengan Flick

Barcelona disebut bakal menunjuk eks juru taktik Bayern Muenchen dan timnas Jerman, Hansi Flick, sebagai pengganti Xavi.

Dikutip dari pakar transfer sepak bola internasional, Fabrizio Romano, Flick telah mencapai kesepakatan dengan Barcelona selama dua tahun yang berakhir pada 2026.

Flick yang diketahui akan segera menjadi pengganti, mendapatkan pesan dari Xavi.

"Pelatih baru akan menderita. Bersabarlah karena klub ini tidak mudah. Satu-satunya hal yang akan menyelamatkan Anda adalah kemenangan," ujar Xavi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com