Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Pep Guardiola soal Kembali Latih Barcelona

Kompas.com - 10/06/2024, 21:40 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber ESPN

KOMPAS.com - Manajer Manchester City, Josep "Pep" Guardiola telah menutup pintu untuk kembali ke Barcelona kapan saja di masa depan.

Guardiola, yang kontraknya dengan Man City akan berakhir pada Juni 2025, mengisyaratkan bahwa musim depan bisa menjadi musim terakhirnya di Etihad, kandang Man City.

Ketika ditanya apakah kembali ke Barca mungkin terjadi, Guardiola, yang membawa tim Catalan itu meraih 14 gelar selama empat musim bertugas, mengatakan "pintu telah tertutup".

Pria berusia 53 tahun ini berbicara dalam konferensi pers di turnamen golf tahunan, Legends Trophy, yang dimainkan di Girona, Spanyol.

Baca juga: Man United Juara Piala FA, Guardiola Sebut Lisandro Martinez Terbaik di Dunia

"Bangku cadangan di Barca adalah salah satu yang paling rumit karena Anda harus menangani banyak kasus. Di Manchester, semua yang kami lakukan tetap di dalam dan di Barca, semuanya keluar," kata Guardiola dikutip dari ESPN, Senin (10/6/2024).

Mantan pemain Barca ini melatih Man City dan meraih rekor gelar Premier League keempat berturut-turut, setelah memimpin timnya meraih treble bersejarah.

Barca menyelesaikan musim 2023-2024 tanpa trofi dan menunjuk Hansi Flick sebagai pengganti Xavi Hernández pada bulan Mei.

Xavi dipecat pada akhir musim karena klub sedang mencari perubahan arah.

Sebelumnya, Xavi mengambil alih Barca pada November 2021 dan kerap disamakan dengan sesama mantan pemain Barca, Guardiola.

Guardiola menanggapi tentang perbandingan tersebut.

Baca juga: Penilaian Guardiola soal Bellingham

"Yang pasti adalah ini bukan salah saya. Itu sudah pasti. Saya sudah 11 atau 12 tahun jauhnya dari Barcelona. Saya bukan 'tersangka' dalam hal itu. Tanyakan hal itu kepada mereka yang telah membuat perbandingannya, saya belum melakukannya. Saya berharap yang terbaik bagi Xavi dalam menemukan tantangan baru," tuturnya.

Mengenai penerus Xavi, Guardiola yakin Barca berada di tangan yang tepat. Flick, yang menganggur sejak September 2023 ketika dipecat oleh timnas Jerman, sebelumnya telah meraih kesuksesan besar di Bayern Muenchen.

Manajer Jerman itu memenangi Liga Champions sebagai bagian dari treble pada tahun 2020 sebelum ia mengambil alih pekerjaan timnas Jerman pada musim panas 2021.

"Saya mendoakan yang terbaik untuknya," kata Guardiola.

"Ketika tiba di klub baru, Anda selalu membutuhkan bantuan. Anda harus berusaha mendapatkan bantuan dari dalam dan mendapatkan dukungan total. Anda harus maju sedikit demi sedikit. Anda tidak bisa menjadi juara pada bulan September atau Oktober.

"Hansi adalah orang yang luar biasa, yang punya banyak keinginan. Banyak. Tapi dia butuh waktu. Apa yang dia lakukan di Bayern luar biasa, dia memenangi segalanya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com