Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat-syarat Calon Pengganti Mauricio Pochettino di Chelsea

Kompas.com - 22/05/2024, 05:06 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa nama dilaporkan jadi incaran Chelsea setelah Mauricio Pochettino meninggalkan kursi kepelatihannya. Kubu The Blues dilaporkan punya syarat-syarat bagi pengganti Pochettino.

Mauricio Pochettino dan Chelsea putus jalan setelah hanya satu musim. Keputusan tersebut disampaikan kepada publik lewat sebuah pernyataan resmi pada Selasa (21/5/2024) malam.

Laporan media Inggris mengutarakan bahwa perpisahan diambil setelah Pochettino tidak menemui kata sepakat dengan kedua pemilik klub, Behdad Eghbali dan Todd Boehly.

Belum lagi, klub memberikan Pochettino target untuk finis empat besar di Premier League, di mana ia hanya bisa menyelamatkan klub ke posisi keenam setelah paruh kedua musim yang impresif.

"Atas nama semua orang di Chelsea, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Mauricio atas jasanya musim ini," kata direktur olahraga Laurence Stewart dan Paul Winstanley.

"Dirinya akan disambut kembali ke Stamford Bridge kapan saja dan kami mendoakan yang terbaik untuk karier kepelatihannya di masa depan."

Baca juga: Mauricio Pochettino Tinggalkan Chelsea Setelah Hanya Satu Musim

Kini, perburuan pelatih baru Chelsea akan dimulai oleh Stewart dan Winstanley. Idealnya, pelatih baru sudah akan hadir ketika para pemain melapor kembali ke pramusim pada 4 Juli.

"Chelsea ingin mengambil arah seperti kebanyakan klub dewasa ini," tutur kepala jurnalis Sky Sports, Kaveh Solhekol.

"Mereka mencari seorang pelatih yang bisa bekerja dengan direktur olahraga dan direktur rekrutmen."

"Seorang pelatih yang memainkan sepak bola berdasarkan possession, tempo tinggi, pressing tinggi, dan transisi."

"Pelatih yang memainkan data dan juga analisis."

Baca juga: Pesta 5 Gol ke Gawang Chelsea, Arteta Puji Fisik dan Mentalitas Arsenal

Beberapa nama yang disebut Solhekol setelah itu adalah Kieran McKenna (Ipswich), Sebastian Hoeness (Stuttgart), hingga Thomas Frank (Brentford).

"Salah satu nama yang saya dengar banyak disebut adalah Thomas Frank, ia akan cocok dengan banyak hal di Chelsea," tutur Solhekol lagi.

Selain itu ada juga nama eks pelatih Bayern Muenchen, Hansi Flick, dan Roberto de Zerbi yang baru saja meninggalkan Brighton.

De Zerbi membawa Brighton finis peringkat keenam di Premier League musim lalu dan lolos ke kompetisi antarklub Eropa untuk kali pertama sepanjang sejarah klub.

Sosok-sosok pelatih seperti Vincent Kompany (Burnley) dan Ruben Amorim (Sporting CP) juga disebut oleh BBC Sports.

Sebaliknya, nama-nama yang kabarnya tak akan dilirik oleh The Blues adalah mantan pelatih-pelatih mereka, dalam hal ini Thomas Tuchel dan Jose Mourinho.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com