Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liverpool Resmi Umumkan Arne Slot Pelatih Baru Gantikan Klopp

Kompas.com - 21/05/2024, 00:19 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liverpool telah secara resmi mengumumkan Arne Slot sebagai pelatih kepala baru untuk menggantikan posisi Juergen Klopp.

Arne Slot menyetujui kontrak dengan Liverpool dan mengambil jabatan tersebut mulai 1 Juni 2024.

Kabar tersebut ditulis Liverpool melalui laman resminya pada Senin (20/5/2024) malam WIB.

"Liverpool mengumumkan Arne Slot telah menyetujui kesepakatan untuk menjadi pelatih kepala baru klub dan secara resmi mengambil posisi tersebut pada 1 Juni 2024, dengan tunduk pada izin kerja," tulis Liverpool di laman resmi mereka.

"Dia segera menjadi pelatih kepala pertama Liverpool FC dari Belanda, dengan pramusim pertamanya sebagai pelatih akan dimulai pada bulan Juli," lanjut Liverpool melalui situs resmi, Senin (21/5/2024).

Baca juga: Akhir Kisah Klopp di Liverpool, The Normal One Sang Penggebah Keraguan

Arne Slot menggantikan Juergen Klopp yang mengumumkan kabar kepergiannya sejak Januari lalu. 

Pelatih berusia 45 tahun ini akan tiba di Anfield setelah menjalani tiga musim yang sangat sukses bersama Feyenoord.

Slot berhasil memimpin Feyenoord untuk meraih gelar liga pada 2023. Dia pun dinobatkan sebagai Manajer Terbaik Eredivisie dalam dua kali kesempatan.

Sebelum melatih Feyenoord, Slot duduk di bangku kepelatihan AZ Alkmaar dan telah sukses membawa mereka ke posisi kedua klasemen Eredivisie.

Terbaru ini, Slot membantu klub Rotterdam dalam mencapai kemenangan di Piala KNVB pada bulan April lalu dengan mengalahkan NEC Nijmegen 1-0 di babak final.

Selama bermain di dunia sepak bola, Slot mengisi posisi gelandang untuk FC Zwolle, NAC Breda, Sparta Rotterdam, dan PEC Zwolle sebelum akhirnya gantung sepatu pada 2013.

Baca juga: Klopp Berpisah dengan Liverpool, Pimpin Nyanyian untuk Arne Slot

Di sisi lain, Klopp pun menutup masa kepelatihannya di Liverpool dengan manis setelah pertandingan pekan terakhir Liga Inggris 2023-2024 melawan Wolves, Minggu (19/5/2024).

Juergen Klopp telah memimpin chant “Arne Slot” dalam pidato perpisahannya dengan Liverpool setelah pertandingan menghadapi Wolves.

Dalam kesempatan itu, Klopp juga berpesan kepada pendukung Liverpool supaya menyambut Slot seperti mereka menerima Klopp pada 2015 lalu.

"Sambutlah manajer baru seperti kalian menyambut saya. Anda mendukung total sejak hari pertama. Tetaplah percaya. Kalian mendorong tim. Saya adalah salah satu dari kalian sekarang," kata Klopp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com