Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Vs Irak, di Balik Berubahnya Waktu Kickoff Laga

Kompas.com - 20/05/2024, 23:06 WIB
Egi Dinda Janviera,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengatakan perubahan waktu kickoff laga timnas Indonesia vs Irak merupakan permintaan pelatih Shin Tae-yong.

Semula, laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia vs Irak dijadwalkan bergulir di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (6/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Lalu, waktu sepak mula duel timnas Indonesia vs Irak dimajukan menjadi pukul 16.00 WIB.

Kabar dimajukannya kickoff pertandingan itu tersiar melalui akun Instagram timnas Indonesia yang mengunggah daftar skuad yang menampilkan 22 nama pemain.

Baca juga: Jadwal Indonesia Vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Maju Pukul 16.00 WIB

"Iya benar untuk pertandingan melawan Irak kickoff-nya maju pukul 16.00 WIB," kata Ketua Sumardji, dikutip dari BolaSport.

Sumardji mengatakan perubahan waktu sepak mula duel melawan Irak terjadi karena masukan Shin Tae-yong.

"Sebenarnya tidak ada alasan pasti. Hanya saja, ini sesuai permintaan Shin Tae-yong," katanya.

Kendati demikian, dikutip dari BolaSport, keputusan yang dilakukan Shin Tae-yong bisa untuk memaksimalkan "home advantage", menggambarkan keuntungan yang didapat tuan rumah ketimbang tim tandang.

Baca juga: Sisi Kebanggaan Shin Tae-yong terhadap Timnas Indonesia

Lebih lanjut, menggeser waktu kickoff ke sore hari akan  menimalisasi kepadatan penonton di Stadion Gelora Bung Karno nantinya.

Pasalnya, bek timnas U23 Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, mengaku kesulitan bernapas karena udara yang panas ketika lawan Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024).

"Kandungan oksigen di udara sangat rendah," kata Nathan Tjoe-A-On.

"Anda hampir tidak bisa mendapatkan udara apa pun dan cuacanya sangat panas. Lapangannya tidak bagus dan Anda sulit mendengar satu sama lain," ucapnya.

Media Vietnam, Soha, mengatakan bahwa alasan timnas Indonesia menggeser kick-off lawan Irak ke sore hari adalah untuk memberi tekanan kepada Vietnam.

Sejatinya, laga Vietnam melawan Filipina bersamaan dengan waktu Indonesia vs Irak, sebelum digeser.

"Sangat wajar jika Indonesia ingin memberikan tekanan kepada Vietnam,"  kata media Vietnam, Soha.

"Menurut waktu aslinya, Vietnam dan Indonesia akan bermain pada waktu yang sama. Saat itu kedua tim tidak akan mengalami tekanan psikologis,"

"Namun dengan perubahan ini, Indonesia bermain 2 jam lebih awal, ketika mereka menyelesaikan pertandingan melawan Irak, Vietnam mengambil alih lapangan di My Dinh (untuk lawan Filipina)," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Nathan Tjoe-A-Oen Kembali Perkuat Timnas, Ada Peran Suporter

Timnas Indonesia perlu meraih satu kemenangan di antara laga melawan Irak dan Filipina untuk lolos ke putaran berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com