Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Tangisan Shin Tae-yong Usai Perjuangan Indonesia di Playoff Olimpiade

Kompas.com - 14/05/2024, 06:00 WIB
Ahmad Zilky,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong (STY), menangis seusai Garuda Muda belum berhasil menembus Olimpiade Paris 2024.

Timnas U23 Indonesia dipastikan belum bisa ke Olimpiade 2024 setelah menelan kekalahan 0-1 dari Guinea dalam laga playoff.

Bertanding di Clairefontaine, Perancis, pada Kamis (9/5/2024), gol semata wayang Guinea ke gawang timnas Indonesia dikemas Ilaix Moriba (29’penalti).

Setelah laga Indonesia vs Guinea, Shin Tae-yong tak kuasa menahan tangis. Ia memiliki alasan tersendiri meneteskan air mata.

Baca juga: PSSI Akan Segera Bertemu Shin Tae-yong untuk Bahas Kontrak

Laga melawan Guinea diwarnai kepemimpinan wasit Francois Letexier yang dianggap Shin Tae-yong merugikan timnas U23 Indonesia.

STY bahkan mendapatkan kartu merah dari Francois Letexier karena melakukan protes keras.

Bek timnas U23 Indonesia, Ilham Rio Fahmi, mengakui bahwa dirinya dan rekan setim baru kali pertama melihat STY menangis di ruang ganti.

Padahal, pelatih asal Korea Selatan itu sempat meminta kepada anak-anak asuhnya di timnas U23 Indonesia untuk tak menangis seusai kalah dari Guinea.

Baca juga: Saat Shin Tae-yong Masih Kesal dengan Wasit Indonesia Vs Guinea...

"Jadi, awalnya semua pemain berusaha untuk tetap tegar karena Shin Tae-yong mengatakan untuk apa kami menangis setelah laga,” kata Ilham Rio Fahmi, dikutip dari BolaSport.

"Namun, karena prestasi yang sudah kami lakukan luar biasa, Shin Tae-yong sedih dan meneteskan air matanya," lanjut dia.

"Akhirnya seluruh tim merangkul dan menangis juga karena satu langkah kami sudah bisa ciptakan sejarah, tetapi belum rezeki," ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh manajer timnas U23 Indonesia, Sumardji. Ia mengatakan, seluruh tim merasa sedih seusai kalah dari Guinea.

Ada sejumlah faktor yang membuat para pemain timnas U23 Indonesia dan Shin Tae-yong menangis, salah satunya kepemimpinan wasit Francois Letexier yang dinilai tak adil.

Baca juga: Indonesia Vs Guinea, Respons PSSI soal Shin Tae-yong Kena Kartu Merah

"Terharunya, ini betul-betul kerja keras seperti yang sudah kami rencanakan," kata Sumardji.

"Lalu, coach Shin Tae-yong sampai meneteskan air mata dan saya baru melihat itu. Saya akhirnya terbawa suasana juga akhirnya (menangis)," ujarnya.

(Penulis: Mochamad Hary Prasetya/BolaSport.com)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com