Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opsi Persib Perpanjang Kontrak Pelatih Bojan Hodak, Durasi Panjang…

Kompas.com - 12/05/2024, 06:00 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung akan berupaya untuk memperpanjang kontrak pelatih asal Kroasia, Bojan Hodak

Bojan Hodak adalah sosok di balik kesuksesan Persib Bandung bangkit pada musim Liga 1 2023-2024 mengganti pelatih asal Spanyol Luis Milla.

Dari posisi 16 klasemen, Hodak bisa membawa Persib masuk deretan tim empat besar, lolos Championship Series Liga 1 2023-2024. 

Berkat finis di peringkat kedua klasemen di Regular Season, pelatih kelahiran Zagreb itu akan membawa Persib tampil di semifinal melawan Bali United, Selasa (14/5/2024) dan Sabtu (18/5/2024) mendatang. 

Baca juga: Persib Bidik Juara Liga 1, Berharap Tren Angka 4 dan Tuah Runner-up

Petinggi di Persib Umuh Muchtar yakin jajarannya sepakat akan mempertahankan sosok pelatih 53 tahun itu. Kontrak Hodak sendiri akan habis akhir musim ini sejak pengumuman resmi pada 26 Juli 2023. 

Peran Hodak dinilai Umuh sangat kentara membawa iklim kondusif di internal tim Persib, menjadikan tim yang kompak dan bersinergi di dalam dan luar lapangan. 

"Kalau saya yakin Bojan itu pasti dipertahankan, apa pun yang terjadi Bojan menurut saya sudah bisa menyatukan pemain," kata Umuh. 

"Sekarang para pemain tidak ada kubu-kubuan, tidak ada kelompok, bersatu semua. Saya berterima kasih kepada Bojan dengan para asistennya semua," paparnya. 

Baca juga: Persib Tatap Championship Series, Motivasi Tolak Kalah dari Bobotoh

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menanggapi perubahan venue pertandingan semifinal pertama Championship Series Liga 1 2023-2024 melawan Bali United. Laga dipindah ke Bali United Training Center. KOMPAS.com/Adil Nursalam Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menanggapi perubahan venue pertandingan semifinal pertama Championship Series Liga 1 2023-2024 melawan Bali United. Laga dipindah ke Bali United Training Center.

Pendekatan Hodak kepada pemain seperti sahabat sekaligus ayah yang baik.

Umuh melihat ketulusan antara sang pelatih dan pemain bekerja sekuat hati dan tenaga demi nama Persib dan demi fans Bobotoh.

"Ini membawa kebaikan, semua tenang, pemain tenang, semuanya aman, insya Allah ke depannya lebih baik. Bojan juga akan lebih berpengalaman bagaimana memimpin klub," kata Umuh. 

Baca juga: Semifinal Championship Series Ingatkan Bos Persib ke Tahun 2014

Pria yang menjabat Komisaris di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) ini bahkan menyebut Bojan Hodak layak dikontrak Persib selama tiga tahun ke depan.

Progres pekerjaannya sangat signifikan dengan pengalamannya tahu kultur sepak bola Indonesia, melatih di Liga Malaysia, dan memenangi gelar di sana. 

"Ya, kontrak kalau bisa tiga tahun. Menurut saya, itu layak untuk Bojan. Dia juga tidak macam-macam," kata Umuh. 

Hodak masih punya misi membawa Persib ke final Liga 1 2023-2024 dan berharap bisa membawa Persib juara untuk ketiga kalinya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com