Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Milan Terbebani Kepergian Tonali dan Maldini, Pioli Pun Dihakimi

Kompas.com - 21/04/2024, 15:10 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Jurnalis senior La Gazzetta dello Sport, Luigi Garlando, menilai AC Milan terbebani oleh kepergian Sandro Tonali dan Paolo Maldini. Stefano Pioli pun kini dihakimi.

AC Milan dan sang pelatih, Stefano Pioli, diberitakan oleh sejumlah media Italia akan berpisah pada akhir musim 2023-2024.

Kabar tersebut muncul tak lama usai AC Milan asuhan Stefano Pioli disingkirkan AS Roma pada perempat final Liga Europa 2023-2024.

"Jadi, perlu dicatat bahwa Milan versi Pioli sudah tidak ada lagi," tulis wartawan La Gazzetta dello Sport, Luigi Garlando, dalam kolomnya.

Pioli yang membawa Milan juara Liga Italia 2021-2022, kini seperti kehilangan kendali atas timnya sendiri.

Padahal, Pioli sudah mempersiapkan taktik khusus dengan menempatkan Davide Calabria sebagai gelandang pada leg kedua perempat final Liga Europa kontra Roma. 

Baca juga: AC Milan dan Pioli Selesai, 2 Pelatih Klub Timur Tengah Masuk Bursa

Sang pelatih kelahiran Parma itu juga meminta pemain Milan untuk bersatu padu membuat lingkaran di tengah lapangan Stadion Olimpico dalam sesi latihan jelang duel kontra Roma.

Segala upaya telah dicoba Pioli untuk memotivasi dan mengangkat performa Milan.

Hasilnya, tim beralias Il Rossoneri (Si Merah-Hitam) takluk 1-2 oleh 10 pemain Roma di Olimpico, melengkapi derita kekalahan 0-1 pada leg pertama di San Siro.

Hasil mengecewakan itu disebut terjadi bukan karena Pioli "dikhianati" pemain Milan.

Luigi Garlando merasa bahwa masa Pioli dengan Rossoneri memang telah memasuki ujung. Sehingga, apa pun yang dilakukan seperti terbentur tembok penghalang. 

"Bukan karena para pemain bermain melawannya (Pioli) atau karena sang pelatih tiba-tiba membuat kesalahan, tapi karena siklusnya berakhir dan setelah bertahun-tahun hidup berdampingan, hubungan berubah, mereka menjadi renggang," tulis Luigi Garlando.

Sebelumnya, Pioli disebut akan bisa terus menjalani kontraknya di Milan sampai Juni 2025 jika mampu memastikan tim finis di tangga kedua Liga Italia serta menjadi kampiun Liga Europa 2023-2024.

Baca juga: Milan Dilibas 10 Pemain Roma, Langsung Disidang Ultras di Olimpico

Target Milan besutan Pioli untuk menjuarai Liga Europa 2023-2024 dipastikan telah meleset.

Memenangi partai derbi kontra Inter pada Senin (22/4/2024) dan menempati peringkat dua Serie A Liga Italia 2023-2024 disebut tidak akan bisa menolong Pioli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com