Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejuaraan Klub ASEAN Diresmikan, Mencari Tim Terbaik di Asia Tenggara

Kompas.com - 04/04/2024, 17:59 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Federasi Sepak bola ASEAN (AFF) resmi mengumumkan kehadiran edisi perdana ASEAN Club Championship atau Kejuaraan Klub ASEAN bertajuk Shopee Cup pada Kamis (4/4/2024).

Turnamen ini akan menjadi kompetisi regional klub pertama di ASEAN yang akan mencari siapa juara klub di antara negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Turnamen perdana ini menggandeng perusahaan Ecommerce terbesar Asia Tenggara, Shopee, sebagai sponsor utama.

Format turnamen sendiri adalah dalam bentuk liga dengan playoff kualifikasi dan sebuah fase grup yang mempertandingan 14 klub terbaik ASEAN dengan total 40 pertandingan yang bakal diselaraskan dengan mengikuti kalender Eropa.

Baca juga: Gabung Timnas U23 Indonesia, Ivar dan Rafael Semangat Tatap Piala Asia U23

Kickoff turnamen bertajuk resmi Shopee Cup ini akan mulai pada 17 Juli hingga 21 Mei 2025.

"Hari ini merupakan tonggak sejarah monumental berikutnya dalam sepak bola ASEAN," ujar Mayor Jenderal Khiev Sameth, Presiden AFF, dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Shopee Cup akan menjadi sangat penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi sepak bola klub ASEAN dan mentransformasi permainan di kawasan ini. " 

"Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi klub-klub terkemuka di kawasan ini untuk menjadi juara ASEAN dan tampil dengan sukses di Asia."

Tim-tim Peserta ASEAN Club Championship

Straits Times dari Singapura melaporkan, kompetisi akan melibatkan tim-tim juara liga dan beberapa pemenang trofi domestik di Asia Tenggara.

Sebanyak 10 tim, dua masing-masing dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan satu masing-masing dari Filipina dan Singapura akan lolos langsung ke turnamen.

Empat lainnya, juara liga Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan berkompetisi untuk mengambil dua slot tersisa di fase grup.

Tim-tim tersebut akan terbagi ke dalam dua grup di mana mereka bakal bermain kandang-tandang dalam format single round robin.

Kedua tim terbaik dari setiap grup akan bermain dalam laga semifinal dua leg.

Sementara, partai pamungkas juga akan bergulir dua leg dengan sang juara ditentukan pada 21 Mei 2025.

Pendapat Pengamat Sepak Bola Tanah Air

Kehadiran kompetisi regional baru ini dikatakan bisa mendukung tak hanya pengalaman tanding tim-tim ASEAN dan Liga 1 tapi juga pariwisata lokal.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com