Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Asia U23: Shin Tae-yong Punya PR, Timnas Menanti Pemain dari Eropa

Kompas.com - 03/04/2024, 05:20 WIB
Ahmad Zilky,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Timnas U23 Indonesia menjalani latihan perdana di Lapangan Humaidal Tayer, Dubai, Uni Emirat Arab, pada Selasa (2/4/2024).

Timnas U23 Indonesia memang tengah menjalani pemusatan latihan di Dubai untuk persiapan Piala Asia U23 2024.

Juru racik timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan, sesi latihan Garuda Muda berjalan tanpa kendala.

"Semua berjalan lancar, latihan perdana cuaca juga baik, kondisi pemain bagus," ucap Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca juga: Keuntungan Bali United Usai Liga 1 Ditunda, Doa Teco untuk Timnas U23 Indonesia

STY menjelaskan, dirinya masih mempunyai pekerjaan rumah, yakni membuat timnas U23 Indonesia solid saat mentas di Piala Asia U23 2024.

Pasalnya, pemain-pemain timnas U23 Indonesia datang dari tim berbeda sehingga diperlukan waktu untuk menyatukan permainan Garuda Muda.

“Namun, beda-beda taktikal setiap tim dan warnanya berbeda,” kata pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

“Sebenarnya pekerjaan rumahnya adalah harus menjadikan satu, kompak. Fokus kami di situ, apakah kami bisa menjadi satu dalam tim,” ujarnya.

Selama timnas U23 Indonesia di Dubai, Garuda Muda bakal melakoni dua uji coba tertutup melawan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Baca juga: Liga 1 Ditunda, PSS Dukung Timnas U23 Indonesia dan Hokky Caraka

Menurut Shin, timnas U23 Indonesia bakal fokus lebih dahulu ke dua laga uji coba, sebelum menatap pertandingan-pertandingan di Piala Asia U23 2024.

Adapun timnas U23 Indonesia tergabung di Grup A Piala Asia U23 2024 bersama dengan tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

“Ya, memang walaupun ada dua laga uji coba, kami fokus ke dua pertandingan itu,” ungkap Shin Tae-yong.

“Namun, fokus utama kami adalah laga perdana melawan Qatar pada 15 April,” imbuh pelatih yang membawa timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 itu.

“Laga pertama di Piala Asia nanti, jadi ya fokus kami meningkatkan fisik para pemain dan kekompakan mereka selama dua laga uji coba nanti.”

Baca juga: Jadwal Timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024

Saat ini, Shin Tae-yong masih menunggu sejumlah pemain yang berkarier di luar negeri seperti Ivar Jenner (FC Utrecht/Eropa), Rafael Struick (Ado Den Hag/Eropa), Pratama Arhan (Suwon FC/Asia), Justin Hubner (Cerezo Osaka/Asia), dan Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen/Eropa).

“Untuk Ivar Jenner dan Rafael Struick akan sampai besok, Arhan di tanggal 4, Justih Hubner dan Nathan belum ada kepastian, jadi harus lihat situasi terlebih dahulu,” kata Shin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com