Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Umbar Keyakinan, STY Tak Pernah Kalah dari Uzbekistan

Kompas.com - 29/04/2024, 05:40 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS. com - Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, menyimpan rekor personal saat melawan Uzbekistan. STY tak pernah telan kekalahan dari Uzbekistan.

Shin Tae-yong bisa mengumbar optimisme jelang partai semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia vs Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024).

Terakhir kali STY bersua Uzbekistan adalah pada ajang Piala Asia U20 2023. Kala itu, Shin Tae-yong mendampingi timnas U20 Indonesia dan menuai hasil 0-0 kala berjumpa Uzbekistan di fase grup.

Hasil tersebut tak cukup mengantar Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia U20 2023. Akan tetapi, timnas U20 Indonesia besutan STY menjadi satu dari hanya dua tim yang mampu mencegah Uzbekistan bikin gol.

Baca juga: Piala Asia U23 2024: Jurus STY Atasi Statistik Gila Uzbekistan

Seperti diketahui, Uzbekistan terus melaju sampai ke podium juara Piala Asia U20 2023.

Dalam perjalanan menjadi juara Piala Asia U20 2023, hanya dua kali Uzbekistan buntu, yakni kala ditahan Indonesia dan berbagi skor kacamata dengan Korea Selatan pada fase semifinal.

“Saya pikir Uzbekistan dan Indonesia punya sejumlah kemiripan. Uzbekistan juga membangun tim dari kategori usia muda, seperti U20, U23, dan Piala Asia,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang semifinal Piala Asia U23 2024.

“Faktor ini membuat Uzbekistan menjadi tim yang sangat bagus,” ucap STY.

Indonesia pada Maret tahun lalu mengikuti Piala Asia U20 2023 tidak membawa komposisi skuad lengkap.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sports Kompascom (@sports.kompascom)

Hokky Caraka dkk pun mentok di fase grup. Pukulan lanjutan datang pada akhir Maret tahun lalu, lantaran Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

“Terakhir kali saya menghadapi Uzbekistan di Piala Asia U20. Meskipun kami gagal menyelenggarakan Piala Dunia U20, kami tidak bisa membawa enam pemain terbaik (ke Piala Asia U20 2023).”

“Uzbekistan mendominasi laga dan permainan kami tak terlalu bagus. Namun, secara umum sebagai pelatih saya tidak punya pengalaman kalah dari Uzbekistan meski mereka adalah tim bagus,” ujar Shin Tae-yong.

Baca juga: Indonesia Vs Uzbekistan: Progres Garuda Level Asia, Jaga Fokus-Konsistensi

Ya, STY boleh percaya diri karena tak pernah takluk dari Uzbekistan dalam berbagai pertandingan, baik level timnas senior maupun kategori usia.

Ketika memimpin timnas U23 Korsel pada 2016, STY mampu mengalahkan Uzbekistan 2-1 dalam partai ekshibisi.

Lalu, saat mengarsiteki skuad senior Korsel di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong menuai hasil 0-0 kala bertamu ke markas Uzbekistan.

Raihan hasil 0-0 kala melawan Uzbekistan bersama timnas U20 Indonesia di Piala Asia U20 2023 menjaga rekor tak terkalahkan STY.

“Saya punya memori bagus dan perasaan bagus. Dengan itu saya akan memiliki persiapan bagus,” tutur Shin Tae-yong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com