Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs Persija Berpotensi Digelar Tanpa Penonton

Kompas.com - 03/03/2024, 21:40 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Duel panas Persib Bandung vs Persija Jakarta pada pekan ke-28 Liga 1 2023-2024, Sabtu (9/3/2024), berpotensi berlangsung tanpa penonton. 

Hal itu mengacu kepada Surat Keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI No 191/L1/SK/KD-PSSl/III/2024 yang disahkan 1 Maret 2024, mengenai Sanksi Kode disiplin Disiplin PSSI tahun 2023 yang sudah beredar. 

Seperti diketahui, terjadi kerusuhan suporter usai laga kandang Persib sebelumnya, yakni saat menjamu PSIS Semarang, Selasa (27/2/2024) di Stadion Si Jalak Harupat. 

Didapati fakta adanya insiden kerusuhan dan penganiayaan di luar perimeter stadion yang dilakukan oleh suporter usai pertandingan. 

Baca juga: Persib Ingin Punya Modal Kemenangan Jelang Lawan Persija Jakarta

Hal tersebut diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran regulasi.

Sidang Komisi Disiplin PSSI pada 1 Maret 2024, yang diketuai Eko Hendro Prasetyo, membuahkan keputusan tegas. 

Keputusan tersebut menyatakan Persib tidak boleh menyelenggarakan pertandingan dengan penonton sebanyak satu kali sejak surat keputusan diterbitkan, berlaku pada pertandingan terdekat yakni Persib vs Persija pada Sabtu (9/3/2024). 

Selain itu Maung Bandung juga dikenai denda sebesar Rp 25 juta. Ada konsekuensi jika pelanggaran kembali terulang, berakibat hukuman yang lebih berat. 

Baca juga: Keraguan di Tengah Pemanggilan Kiper Persib ke Timnas Filipina

Kendati begitu, Persib masih bisa mengajukan banding terhadap keputusan sanksi Komdis PSSI itu, sesuai Pasal 119 Kode Disiplin PSSI. 

Terkait hal ini, manajemen Persib belum mau merespons saat dikontak awak media Minggu (3/3/2024). Pihak klub mengaku akan memberikan keterangan secepatnya. 

Manajemen Maung Bandung tampak akan menyiapkan banding resmi untuk sanksi yang jelas akan memberatkan perjuangan pasukan Bojan Hodak.

Persib asuhan Bojan Hodak saat ini tengah membutuhkan dukungan maksimal suporter fanatik mereka, Bobotoh, dalam upaya masuk empat besar klasemen dan mengamankan tiket ke babak Championship Series. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com