Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Materazzi dan Puyol Bahas Euro 2024, Prediksi untuk Italia dan Spanyol

Kompas.com - 18/12/2023, 15:01 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Legenda tim nasional Italia, Marco Materazzi dan bersama pilar Spanyol kala menjuarai Piala Dunia 2010, Carles Puyol, berbicara kepada Kompas.com tentang Euro 2024.

Materazzi dan Puyol menjawab pertanyaan Kompas.com mengenai empat negara yang punya kans besar menembus semifinal Euro 2024 di Jerman.

Dua nama legendaris itu berada di Indonesia pada Senin (18/12/2023) dan menjalani sesi temu media jelang Euro 2024, di MNC Conference Hall, Jakarta.

Puyol yang pernah menjuarai Euro 2008 bersama Spanyol menjagokan negaranya untuk menembus empat besar Piala Eropa tahun depan.

Baca juga: Hasil Drawing Euro 2024: Italia dan Spanyol Satu Grup

"Tim favoritnya Spanyol, Jerman, Perancis, Inggris. Dari dua tim, yang favorit ke final adalah Spanyol dengan Perancis," ujar mantan kapten Barcelona tersebut.

Sementara itu, Materazzi menyebut Italia dan Spanyol sebagai kandidat kuat semfinalis Euro 2024. Dua negara besar itu  berada di grup yang sama, yakni Grup B.

"Jadi empat negara adalah Italia, Spanyol, Perancis, dan Jerman," tutur mantan pemain Inter Milan tersebut.

"Karena Italia dan Spanyol berada di satu grup, jadi dua-duanya menang di grup tersebut, jadi maju. Jalannya terpisah dulu, nanti ketemu lagi di semifinal," ucap Materazzi.

Baca juga: Carles Puyol Terkejut Dengar Gerard Pique Pensiun

Sebagai informasi, pada Euro 2024 Spanyol akan berada di grup keras bersama Italia, Kroasia, dan Albania, tepatnya di Grup B.

Situasi ini mengulang kisah pada Euro 2012. Kala itu Spanyol, Italia, dan Kroasia berada di satu tempat yang sama, yakni Grup C. 

Pada fase grup Euro 2012, Spanyol bermain imbang 1-1 dengan Italia pada matchday pertama yang berlangsung 10 Juni 2012 di Gdansk, Polandia.

Spanyol dan Italia terus melaju. Kedua tim bertemu lagi final Euro 2012. La Furia Roja, julukan Spanyol, berhasil jadi juara usai melibas Italia empat gol tanpa balas melalui aksi David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata.

Baca juga: Sedang Ditimpa Masalah, Gerard Pique Dapat Pembelaan dari Puyol

Keberhasilan tersebut memastikan gelar juara back to back Spanyol yang sebelumnya menjuarai Euro 2008.

Euro 2024 akan berlangsung di Jerman pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

Turnamen empat tahunan antarnegara Eropa ini akan mengusung format yang sama dengan Euro 2020.

Penghuni posisi satu dan dua dari Grup A sampai F akan lolos langsung ke babak 16 besar. Komposisi kontestan 16 besar bakal dilengkapi dengan empat tim peringkat tiga terbaik.

Final Euro 2024 akan berlangsung di Olympiastadion, Berlin, Minggu (14/7/2023).

Spanyol berhasil memastikan tempat di Piala Eropa tahun depan usai berhasil menjuarai Grup A Kualifikasi Euro 2024 dengan membukukan 21 poin.

Sedangkan, Italia melaju setelah menempati peringkat kedua Grup C, persis di bawah Inggris, dengan raihan 14 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com