Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandangan Beda Pelatih Persib dan Persik soal Wasit Jepang

Kompas.com - 11/12/2023, 13:30 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Laga Persib Bandung vs Persik Kediri dalam pertandingan pekan ke-22 Liga 1 2023-2024 dipimpin oleh wasit asing asal Jepang. 

Ia adalah Futoshi Nakamura, wasit yang juga memimpin laga final J League Cup 2023 antara Avispa Fukuoka vs Urawa Reds pada 4 November 2023 lalu.

Hasil Persib vs Persik berkesudahan dengan skor 0-2, Macan Putih menghentikan rekor tak terkalahkan Maung Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (10/12/2023). 

Kepemimpinan Futoshi Nakamura membuahkan satu gol penalti yang dieksekusi sempurna Renan Silva. Futoshi Nakamura juga mengeluarkan tiga kartu kuning dari kantongnya.

Baca juga: PSSI Jelaskan Alasan Pakai Wasit Jepang di Liga 1

Marcelo Rospide, pelatih Persik Kediri, punya kesan yang bagus terhadap kepemimpinan pengadil lapangan malam itu. 

Ia menyebut pertandingan tersebut bersih. Futoshi banyak melakukan diskusi singkat dalam setiap momen di lapangan. Hal tersebut bisa membuat kedua belah pihak tenang. 

"Saya pikir wasit ini jadi satu yang terbaik untuk pertandingan dan ini game yang bersih, tidak ada masalah, wasit banyak berdiskusi dengan pemain dan tetap menjaga pemain tetap tenang, dia mengambil keputusan yang tepat," kata Marcelo Rospide. 

Pelatih asal Brasil ini sebenarnya tidak mempermasalahkan pertandingan akan dipimpin wasit asing atau lokal karena pada dasarnya semua orang bisa membuat kesalahan. 

Baca juga: Hasil Persib Bandung Vs Persik, Maung Memang Tak Layak Menang

Wasit asal Jepang Futoshi Nakamura melayangkan kartu kuning kepada pemain Persik Kediri Anderson Carneiro pada menit ke-20 usai melanggar penyerang Persib David da Silva. Hasil laga Persib vs Persik berkesudahan 0-2 di Stadiong Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (10/12/2023) dalam laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024. KOMPAS.com/ADIL NURSALAM Wasit asal Jepang Futoshi Nakamura melayangkan kartu kuning kepada pemain Persik Kediri Anderson Carneiro pada menit ke-20 usai melanggar penyerang Persib David da Silva. Hasil laga Persib vs Persik berkesudahan 0-2 di Stadiong Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (10/12/2023) dalam laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024.

Selain laga Persib, adapun laga Persita Tangerang vs Persikabo 1973 di Stadion Indomilk Arena, di hari yang sama, dipimpin wasit Yusuke Araki.

"Sebenarnya saya tidak masalah dengan siapa pun wasitnya, mau itu wasit asing dan lokal sama saja," sebutnya. 

"Karena semua wasit bisa saja membuat kesalahan dan semua harus mengerti itu. Namun, hari ini bagi saya ini adalah game yang bagus," tuturnya. 

Sementara itu, pelatih Persib Bandung Bojan Hodak tidak bisa mengomentari hal soal wasit. Klubnya menekankan agar pelatih tak berbicara tentang kepemimpinan wasit kepada media.  

Baca juga: Hasil Persib Vs Persik, Malam yang Tak Akan Dilupakan Macan Putih

Hodak berharap bisa berbicara panjang lebar soal kepemimpinan Futoshi Nakamura di laga yang merusak rekor tak terkalahkannya. 

Hodak tampak mempertanyakan salah satu keputusan Futoshi yang memberikan penalti kepada Persik Kediri yang membuat timnya tertinggal di awal babak kedua.  

"Kami juga kebobolan dari penalti dan tendangan bebas yang mana salah satunya itu cukup dipertanyakan," kata Hodak. 

"Untuk ini, saya tidak mau memberikan komentar soal wasit. Sebenarnya saya berharap boleh memberikan komentar soal wasit, tetapi kami tidak boleh berkomentar mengenai wasit," kata Hodak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com