Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U17 2023 Beri Ilmu Baru, Persebaya Siap Terapkan di Liga 1

Kompas.com - 28/11/2023, 17:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.comPiala Dunia U17 2023 memberi pelajaran dan pengetahuan baru bagi insan sepak bola Indonesia, terutama dari sisi pelaksanaan pertandingan.

Panitia Pelaksana Pertandingan (Panpel) Persebaya Surabaya berniat mengadopsi tata cara penyelenggaraan laga Piala Dunia U17 2023 ke ajang Liga 1.

Kesuksesan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, selama menggelar laga-laga penyisihan Grup A dan 16 besar Piala Dunia U17 2023 jadi acuan.

Ketua Panpel Persebaya, Ram Surahman, memang berkesempatan menimba ilmu secara langsung di pergelaran Piala Dunia U17 2023. Ia masuk dalam panitia pelaksana event akbar sepak bola kelompok usia dini itu.

Baca juga: Link Live Streaming Argentina Vs Jerman, Semifinal Piala Dunia U17 2023 Pukul 15.30 WIB

Ia mengakui banyak hal positif yang dapat dipetik selama dirinya tergabung dalam panitia pelaksana pertandingan Piala Dunia U17 2023.

Ia akan mencoba menerapkan beberapa aturan penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia U17 2023 ke dalam teknis pelaksanaan laga Persebaya di Stadion GBT.

“Secara pribadi saya belajar banyak dari penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia U17. Ada beberapa hal yang bisa kami adopsi, juga kami tiru, dan modifikasi,” ujar Ram Surahman, pria asal Gresik itu.

Baca juga: Laga Persebaya Vs PSIS Ditunda Akhir Januari, Berkah untuk Bajul Ijo?

Salah satu yang menjadi sorotan Ram Surahman selama Piala Dunia U17 203 adalah pengondisian penonton di area stadion, baik sebelum dan setelah pertandingan.

Mobilitas penonton selama Piala Dunia U17 2023 mampu terkendali dengan baik setelah adanya kebijakan pengerahan shuttle bus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Sehingga, tidak ada penumpukan kendaraan pribadi di area Stadion GBT.

Lalu, pengondisian tempat duduk penonton yang sesuai dengan nomor tiket. Pengaturan seperti ini belum pernah diterapkan dalam penyelenggaraan laga Persebaya di Liga 1.

Hal itulah yang akan coba diadaptasikan oleh Panpel Persebaya.

“Terkait jumlah orang di area GBT ini sangat menarik untuk diadopsi. Sebab, kami tahu persis jumlah orang yang ada di stadion. Ini tentu baik untuk mitigasi,” tutur Ram Surahman.

“Harapan kami nantinya federasi dan operator kompetisi bisa mengumpulkan kami semua untuk bersama-sama sharing tentang penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia U17 di Indonesia,” ucapnya menutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com