Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Striker Liga Indonesia Asal Argentina Ikuti Gegap Gempita Piala Dunia U17

Kompas.com - 27/11/2023, 05:47 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para pesepak bola asing yang berkarier di Liga Indonesia ikut memeriahkan gelaran Piala Dunia U17 2023 Indonesia. Salah satunya adalah penyerang Persita Tangerang, Ezequiel Vidal.

Ia ikut mengawal perjuangan negaranya, Argentina, yang kini akan bersaing pada babak semifinal.

"Ya, saya menonton setiap pertandingan tim U17, saya melihat mereka tampil sangat baik sebagai sebuah tim," ujarnya kepada Kompas.com.

Argentina menjadi salah satu tim yang diunggulkan menjadi juara Piala Dunia U17 2023 ini. Utamanya setelah menumbangkan juara bertahan Brasil dengan skor meyakinkan 0-3 di babak delapan besar lalu.

Baca juga: Jerman Vs Argentina, Ambisi Der Panzer Gandakan Gelar Juara

Banyak yang menilai duel derbi Amerika Latin tersebut menjadi laga final dini. Sebab, Brasil juga menjadi salah satu tim yang diunggulkan untuk menjadi juara Piala Dunia U17 2023 ini.

Menariknya, kemenangan timnas U17 Argentina atas Brasil hanya berselang beberapa hari dengan duel tim seniornya di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan.

Argentina senior mengalahkan Brasil dengan skor tipis 1-0.

Ezequiel Vidal mengatakan, kemenangan ganda ini merupakan hasil keseriusan negaranya dalam mengelola sepak bola sejak usia dini.

Baca juga: Jadwal Semifinal Piala Dunia U17 2023: Argentina Vs Jerman, Perancis Vs Mali

"Perkembangan anak di Argentina sangat bagus. Sejak usia sangat muda mereka mempersiapkan anak-anak dengan sangat baik dan menjadikan mereka pemain yang sangat bagus," tutur pemain berusia 28 tahun itu.

Dengan kerendahan hati, ia mengatakan, timnas berjuluk Albiceleste tersebut bisa menjadi inspirasi bagi sepak bola Indonesia, khususnya dalam hal pembinaan usia dini.

Talenta-talenta muda tidak hanya dipoles dengan program latihan teknik dan fisik, tetapi juga disempurnakan dengan memberikan visi misi dan motivasi. Tumbuh menjadi seorang profesional yang punya prinsip.

Prinsip ini yang menjadikan pesepak bola Argentina berbeda dengan pesepak bola lainnya.

Baca juga: Daftar Semifinalis Piala Dunia U17 2023: Argentina Vs Jerman, Perancis Vs Mali

"Menurut saya, Indonesia bisa belajar banyak. Jika memberikan arti penting bagi pemainnya saat masih anak-anak dan mempersiapkannya dengan baik," tutur Ezequiel Vidal.

"Ketika menjadi pemain divisi satu (pemain profesional) bisa membuat perbedaan, melawan tim lain," katanya.

Penyerang Persita Tangerang asal Argentina Ezequiel Vidal yang main di Liga 1 2023-2024.Dokumentasi Persita Tangerang Penyerang Persita Tangerang asal Argentina Ezequiel Vidal yang main di Liga 1 2023-2024.

Di sisi lain, perjuangan timnas Argentina di Piala Dunia U17 2023 belum selesai. Di semifinal tim asuhan Diego Placente akan ditantang juara Grup F, Jerman, yang menumbangkan Amerika Serikat dan Spanyol Dilaga sebelumnya.

Jerman dipastikan akan memberikan tantangan yang berbeda sebab mereka menjadi salah satu tim yang belum tersentuh kekalahan sejak fase grup.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit karena Jerman memiliki tim yang sangat bagus. Namun, kami harus selalu yakin bahwa kami akan menang," kata pemain bernomor punggung 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com