Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Tim Piala Dunia U17 Terpukau Stadion: Dikira Buruk, Ternyata Megah dan Besar

Kompas.com - 06/11/2023, 10:48 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Para peserta Piala Dunia U17 2023 mulai berdatangan di Indonesia untuk mempersiapkan diri menjelang turnamen yang akan bergulir pada 10 November hingga 2 Desember 2023 tersebut.

Timnas Brasil U17 adalah salah satu peserta yang telah tiba di Indonesia. Selama babak penyisihan di Grup C, Tim Samba akan bermain di Jakarta International Stadium (JIS).

Pelatih Brasil, Phelipe Leal, yang melakukan inspeksi ke stadion latihan dan tempat pertandingan, terpukau dengan kesiapan Indonesia dalam mempersiapkan stadion Piala Dunia U17.

"Ini sangat gila," kata Phelipe sambil menggeleng-geleng kepalanya saat melihat kemegahan stadion, dalam keterangan dari LOC Piala Dunia U17 2023, Senin (6/11/2023).

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia, awalnya saya tidak sempat cari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang untuk jadi tuan rumah. Namun, saya melihat Indonesia punya keseriusan yang kuat," katanya.

Baca juga: Menerka Kekuatan Timnas U17 Indonesia dan Peserta Grup A Piala Dunia U17 2023

Phelipe mengatakan, sejak drawing grup dan penetapan jadwal pertandingan, dirinya belum pernah mencari tahu tempat Brasil U17 akan bertanding.

Melihat kemegahan stadion, pelatih Brasil U17 itu pun terpukau dengan keseriusan Indonesia dalam mempersiapkan event Piala Dunia U17 2023.

"Ini adalah stadion yang besar, punya keindahan, dan saya sangat kaget mereka bisa membuat stadion seperti ini," kata Phelipe.

Tidak hanya Phelipe Leal yang memuji kemegahan stadion tempat Piala Dunia U17 berlangsung, pujian juga datang dari pelatih timnas Ekuador U17, Diego Martinez.

Baca juga: Daftar 21 Pemain Timnas U17 Indonesia untuk Piala Dunia U17 2023

Diego sempat meragukan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang lokasinya berada di tengah area persawahan.

Stadion Gelora Bung Tomo SurabayaDOK. PEMKOT SURABAYA Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

"Saya awalnya bingung melihat suasana stadion di sini. Beberapa area di sekitarnya tidak terlihat ada gedung-gedung untuk istirahat dan yang ada hanya area persawahan," kata Martinez.

"Awalnya, saya mengira kalau fasilitas di dalam stadion akan buruk, tapi ternyata mereka punya stadion yang megah dan besar. Saya harus mengapresiasi mereka yang mempersiapkan stadion semegah ini di area persawahan," ujarnya.

Baca juga: Pembukaan Piala Dunia U17, Surabaya Siapkan Keamanan dan Kenyamanan

Ia pun terpukau usai melakukan inspeksi ke venue dan tidak menyangka bagian dalam stadion memiliki kualitas yang baik dan megah.

Ekuador akan berada di Grup A bersama Indonesia, Maroko, dan Panama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com